Skripsi Karya Komunikasi : Buku Foto Essay “Kehidupan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Makassar”. = Photo Essay Book Life of Children with Special Needs at Special School 1 Makassar.


Akhmad, Imam (2023) Skripsi Karya Komunikasi : Buku Foto Essay “Kehidupan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Makassar”. = Photo Essay Book Life of Children with Special Needs at Special School 1 Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E31116504_skripsi_14-11-2023 caver1.jpg

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E31116504_skripsi_14-11-2023 bab 1-2.pdf

Download (935kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E31116504_skripsi_14-11-2023 dp.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E31116504_skripsi_14-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 December 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

IMAM AKHMAD, E31116504. Buku Foto Essay Kehidupan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Makassar. (Dibimbing oleh Alem Febri Sonni dan St Murniati Muhtar). Hadirnya Sekolah Luar Biasa sebagai sarana pendidikan sangat penting bagi para anak berkebutuhan khusus. Ini dikarenakan masih banyaknya orang-orang yang memandang remeh mereka dalam ranah pendidikan. Dalam situasi tersebut, pencipta karya melakukan perancangan buku foto sebagai medium komunikasi untuk mengenal bagaimana kehidupan anak berkebutuhan khusus disekolahnya. Buku Foto Essay ini berjudul All About Them yang berisikan cerita mengenai aktifitas murid-murid berkebutuhan khusus di sekolahnya yaitu di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Makassar. Murid-murid di SLB Negeri 1 Makassar dipenuhi dengan masing-masing kategori disabilitas seperti tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, dan autisme. Anak Berkebutuhan Khusus tersebut menjalani aktivitas harian yang sama dengan anak sekolah lainnya, seperti belajar, bermain, berkomunikasi antar satu sama lain, hingga diajar untuk mengembangkan keterampilan mereka. Perancangan yang digunakan pada karya ini dilakukan dengan melalui pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Pada pra-produksi pencipta karya menentukan tema dan konsep perancangan buku foto, lalu di tahap produksi dimulai dengan mengumpulkan berbagai data, pemotretan, dan menulis cerita. Kemudian di tahap pasca-produksi yang dimana prosesnya memilih foto-foto dengan momentum terbaik bersama kurator, editing, layout, meninjau kembali secara keseluruhan untuk direvisi bersama editor dan pada akhirnya dicetak oleh penerbit. Buku foto essay ini diharap mampu menjadi bahan informasi mengenai bagaimana anak berkebutuhan khusus menjalani perannya dengan penuh sukacita sebagai murid disekolahnya dan orang-orang pun tahu kalau anak berkebutuhan khusus itu memiliki keunikan tersendiri dari anak-anak lainnya.

Keywords : Anak berkebutuhan khusus, SLB, pendidikan, buku foto essay

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Children with special needs, special school, education, photo essay book
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:41
Last Modified: 19 Mar 2024 06:41
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31274

Actions (login required)

View Item
View Item