AUDIT KOMUNIKASI DISEMINASI INFORMASI DIGIPAY KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA SINJAI = COMMUNICATION AUDIT OF DIGIPAY INFORMATION DISSEMINATION AT STATE TREASURY SERVICE OFFICE OF SINJAI


Nurdin, Asy'ari (2023) AUDIT KOMUNIKASI DISEMINASI INFORMASI DIGIPAY KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA SINJAI = COMMUNICATION AUDIT OF DIGIPAY INFORMATION DISSEMINATION AT STATE TREASURY SERVICE OFFICE OF SINJAI. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022211020_tesis_01-08-2023 caver1.jpg

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022211020_tesis_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022211020_tesis_01-08-2023 dp.pdf

Download (695kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022211020_tesis_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 December 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses komunikasi, teknik pengkomunikasian, faktor penghambat diseminasi informasi Digipay pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sinjai ke pengelola keuangan Satun Kerja mitra KPPN Sinjai. Peneitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus (case study). Model evaluasi audit komunikasi dengan pendekatan konseptual. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi partisipan dan studi pustaka. Analisis data menggunakan teknik yang dikembangkan oleh Komite Audit Komunikasi yang dibentuk oleh International Communication Association (ICA) yang merupakan analisis pengalaman komunikasi. Teknik analisis data dijelaskan melalui deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan proses pengkomunikasian Digipay pada KPPN Sinjai dengan melaksanakan langkah-langkah strategis dalam implementasi Digipay di Wilayah Kabupaten Sinjai. Teknik Komunikasi eksternal secara persuasif dan informatif sedangkan secara internal menggunakan teknik instruktif. Faktor hambatan berasal dari persepsi manfaat atau kegunaan Digipay, hambatan persepsi kemudahan penggunaan dalam pemanfaatan TIK dan hambatan teknis dalam implementasi Digipay. Terjadi peningkatan pengguna Digipay namun masih belum ideal untuk mendukung suksesnya penerapan Digipay. Penelitian ini merekomendasikan peneliti lain untuk meneliti cakupan yang lebih luas. Kepada KPPN Sinjai memonitoring dan mengevaluasi secara periodik dan perlu untuk mengidentifikasi kebutuhan dan harapan pengguna serta mengkaji simplifikasi pengguna dan proses bisnis implementasi Digipay. Satuan Kerja perlu mendapatkan motivasi maupun dorongan yang lebih besar dari pimpinan.

Keywords : audit komunikasi, diseminasi informasi, digipay

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Communication audit, Information dissemination, Digipay.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:08
Last Modified: 19 Mar 2024 06:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31255

Actions (login required)

View Item
View Item