Analisis Komunikasi Interpersonal Petugas Bea Cukai Dalam Profiling Penumpang di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin = The Analisis of Customs Officers' Interpersonal Communication in Profiling Passengers at Sultan Hasanuddin International Airport


Djaya, Dennis Irwansyah (2023) Analisis Komunikasi Interpersonal Petugas Bea Cukai Dalam Profiling Penumpang di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin = The Analisis of Customs Officers' Interpersonal Communication in Profiling Passengers at Sultan Hasanuddin International Airport. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022211016_tesis_09-08-2023 caver1.jpg

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022211016_tesis_09-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022211016_tesis_09-08-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022211016_tesis_09-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 December 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan menganalisis (1) komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh petugas bea cukai dengan penumpang di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dalam upaya mendeteksi penyelundupan barang terlarang, utamanya narkotika; (2) menganalisis cara petugas bea cukai memaknai pesan nonverbal yang berasal dari penumpang yang diindikasikan melakukan penyelundupan; dan (3) cara petugas bea cukai mengurangi ketidakpastian dalam penentuan profil penumpang sehingga fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai Community Protector dapat berfungsi secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan interpretatif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh petugas bea cukai dengan penumpang dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu kontak persepsi dengan cara memperoleh informasi tentang penumpang dari unit intelijen, kontak interaksional dilakukan melalui wawancara penumpang, dan keterlibatan hubungan yang terjadi bersifat impersonal; (2) petugas bea cukai memaknai pesan nonverbal lebih fokus kepada ekspresi wajah penumpang dan dimaknai menjadi dua kategori, yaitu penumpang beresiko tinggi melakukan penyelundupan dan penumpang beresiko rendah melakukan penyelundupan (3) pengurangan ketidakpastian dilakukan petugas bea cukai untuk memprediksi perilaku penumpang dengan cara mencari informasi informasi mengenai penumpang secara aktif, pasif, dan interaktif.

Keywords : komunikasi interpersonal, petugas bea cukai, pesan nonverbal, pengurangan ketidakpastian

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Interpersonal communication, Customs offices, Nonverbal messages, Uncertainty reduction.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Mar 2024 06:55
Last Modified: 20 Mar 2024 06:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31254

Actions (login required)

View Item
View Item