Pengelolaan Stereotipe dan Prejudice Sebagai Upaya Preventif Konflik Antaretnik Suku Muna dan Tolaki : Studi Komunikasi Antar Etnik = Managing Stereotype and Prejudice as The Preventive Efforts In Inter-Ethnic Conflict Between Tribes: Study of Inter-Ethnic Communication


Risnawati, Risnawati (2023) Pengelolaan Stereotipe dan Prejudice Sebagai Upaya Preventif Konflik Antaretnik Suku Muna dan Tolaki : Studi Komunikasi Antar Etnik = Managing Stereotype and Prejudice as The Preventive Efforts In Inter-Ethnic Conflict Between Tribes: Study of Inter-Ethnic Communication. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022211013_tesis_15-08-2023 caver1.jpg

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022211013_tesis_15-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022211013_tesis_15-08-2023 dp.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022211013_tesis_15-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 December 2025.

Download (14MB)

Abstract (Abstrak)

Indonesia terdapat lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa, lebih tepatnya 1340 suku bangsa menurut data Badan Pusat Statistik tahun 2010. Keberagaman kelompok etnik ini selain menambah khasanah budaya nusantara juga menjadi celah terjadinya konflik antar etnik seperti halnya yang terjadi pada anggota Suku Muna dan Tolaki yang hidup berdampingan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi stereotipe dan Prejudice suku Muna dan Suku Tolaki dalam konflik komunikasi antar etnik di Sulawesi Tenggara,Untuk Mengidentifikasi penyebab terjadinya stereotipe dan prejudice,Untuk mengidentifikasi cara pengelolaan stereotipe dan prejudice sebagai upaya preventif pada konflik komunikasi antar etnik Muna dan Tolaki. Teori yang digunakan untuk memahami konflik komunikasi antar Suku Muna dan Tolaki adalah teori identitas sosial dan teori Management Kecemasan dan Ketidakpastian. Penelitian ini menggunakan metode qualitative dan pendekatan studi kasus.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan studi pustaka.Penentuan sample penelitian menggunakan purposive sampling sedangkan kriteria penetapan informan melalui teknik snowball. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stereotipe dalam bentuk karakter menjadi pemicu konflik, prejudice terjadi setelah stereotipe berkembang dari aspek kognitif menuju afektif. penyebab stereotipe dan prejudice Suku Muna dan Tolaki yang berkonflik adalah pengalaman interaksi, persaingan, word of mouth, percampuran ranah politik dan cultural, serta framing oleh media. Akhirnya pengelolaan Stereotipe dan prejudice akan mampu dilakukan jika semua pihak bersedia menunda melakukan pelabelan atau stereotipe, terjadi mindfulness secara utuh pada kedua suku, serta memahami bahwa realitas konflik tidaklah seburuk yang tergambar di media.

Keywords : Pengelolaan, stereotipe, prejudice, konflik, komunikasi

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Managing, Stereotype, Prejudice, Conflict, Communication
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:05
Last Modified: 19 Mar 2024 06:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31252

Actions (login required)

View Item
View Item