Governance Network dalam Optimalisasi Pengelolaan Transportasi Bus Mamminasata di Provinsi Sulawesi Selatan = Governance Network in Optimizing the Management of Mamminasata Bus Transportation in South Sulawesi Province


Rahayu H.N, Yuli (2023) Governance Network dalam Optimalisasi Pengelolaan Transportasi Bus Mamminasata di Provinsi Sulawesi Selatan = Governance Network in Optimizing the Management of Mamminasata Bus Transportation in South Sulawesi Province. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E012221006_tesis_17-10-2023 CAVER1.jpg

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E012221006_tesis_17-10-2023 BAB 1-2.pdf

Download (629kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E012221006_tesis_17-10-2023 DP.pdf

Download (820kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E012221006_tesis_17-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 December 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Yuli Rahayu.H.N (E012221006). Governance Network dalam optimalisasi pengelolaan transportasi bus Mamminasata di provinsi Sulawesi Selatan : 142 Halaman + 8 Tabel + 9 Gambar + 64 Pustaka.

Governance Network sebagai upaya pemerintah untuk mengatasi Keterbatasan sumber daya yang dimiliki. Salah satunya kebijakan Transportasi Umum Bus Mamminasata. Mamminasata merupakan program dalam pengelolaan transportasi di sulawesi selatan yang terdiri dari jaringan tata kelola pemangku kepentingan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Governance Network dalam optimalisasi pengelolaan transportasi bus Mamminasata di provinsi sulawesi selatan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Adapun data dianalisis menggunakan model analisis oleh (Miles & Huberman, 1994) dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa governance network dalam optimalisasi pengelolaan transportasi bus Mamminasata di provinsi sulawesi selatan dengan menggunakan pendekatan governance network (Klijn & Kopenjan, 2016) yakni (1) Kontak, hal tersebut dapat dilihat dari interaksi pada saat rapat koordinasi melalui koordinasi internal pada masing-masing pemangku kepentingan dan kontibusi yang diberikan, namun masih dikategorikan cukup karena belum terlihat dikomunikasikan tempat penghentian bus atau halte. (2) Kepercayaan, hal tersebut dapat dilihat dari rasa kepercayaaan pada penerapan standar pelayanan yang sudah ditetapkan namun masih belum efektif karena masih terdapat pemangku kepentingan yang tidak menjalankan standar pelayanan sesuai prosedur yang telah disepakati. (3) Berbagi informasi, dapat dilihat dari komunikasi yang aktif dilakukan melalui whatsapp group untuk memberikan informasi terkini dilapangan. Namun masih dikategorikan cukup baik karena tidak adanya berbagi informasi terkait kejelasan waktu tunggu di halte (4) Pertukaran sumber daya, hal tersebut dapat dilihat dari strategi pull dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Perhubungan RI yang memberikan subsidi anggaran kepada pemerintah daerah kemudian menjalankan strategi push kepada masyarakat untuk menggunakan bus mamminasata sebagai transportasi massal melalui sosialisasi dan terjun langsung memberikan edukasi ke masyarakat.

Keywords : Governance Network, Optimalisasi, Transportasi Bus Mamminasata

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Governance Network, Optimization, Mamminasata Bus Transportation
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:04
Last Modified: 19 Mar 2024 06:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31250

Actions (login required)

View Item
View Item