PERTANGGUNGJAWABAN SELEBGRAM ATAS INFORMASI YANG TIDAK JUJUR KEPADA KONSUMEN = CELEBRITY RESPONSIBILITY FOR DISHONEST INFORMATION TO CONSUMERS


Atika, Nurul (2023) PERTANGGUNGJAWABAN SELEBGRAM ATAS INFORMASI YANG TIDAK JUJUR KEPADA KONSUMEN = CELEBRITY RESPONSIBILITY FOR DISHONEST INFORMATION TO CONSUMERS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011171599_skripsi_04-08-2023 caver1.jpg

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011171599_skripsi_04-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (967kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011171599_skripsi_04-08-2023 dp.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011171599_skripsi_04-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 December 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK NURUL ATIKA (B011171599) “Pertanggungjawaban Selebgram Atas Informasi Yang Tidak Jujur Kepada Konsumen” (Dibawah Bimbingan Sakka Pati selaku Pembimbing Utama dan Aulia Rifai selaku Pembimbing Pendamping).Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pertanggungjawaban testimoni (kesaksian konsumen) dan endorsement (anjuran) oleh selebgram serta untuk menelaah upaya hukum konsumen jika mengalami kerugian akibat testimoni (kesaksian konsumen) dan endorsement (anjuran) yang dilakukan oleh selebgram. Penelitian ini dilakukan di Kota Makassar dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yaitu teknik pengampilan data dengan melakukan wawancara langsung kepada narasumber, dan pembagian kuesioner kepada responden yang terkait dalam skripsi penulis. Selain itu, penulisan ini juga dilakukan dengan metode studi kepustakaan (library research) yaitu metode pengumpulan data yang dilakukan melalui bacaan yang bersumber dari buku-buku, perundang-undangan, karya tulis, dan data-data lainnya yang diperoleh dari penulisan melalui media internet dan/atau media lainnya yang berhubungan dengan penelitian, kemudian di analisis secara kualitatif normatif sehingga memperoleh suatu kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini, yaitu sebagai seorang selebgram yang memiliki banyak pengikut diharuskan untuk memiliki prinsip kehati-hatian dalam memasarkan produk karena pengikut dapat dengan mudah percaya dengan apa yang diucapkan oleh selebgram, suatu bentuk tanggung jawab yang dapat dilakukan oleh selebgram yang melakukan testimoni dan endorsement dan mengakibatkan kerugian bagi beberapa pihak yaitu dengan melakukan permintaan maaf dan juga membayar biaya ganti rugi kepada para konsumen yang dirugikan akibat testimoni dan endorsement tersebut, serta upaya hukum yang dapat dilakukan konsumen yang merasa dirugikan adalah dengan cara melakukan pengaduan kepada YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) atau BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen) yang akan membantu menyelesaikan sengketa di luar pengadilan.

Kata Kunci : Selebgram, Testimoni, Endorsement

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Celebgram, Testimonial, Endorsement.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 Dec 2023 01:27
Last Modified: 11 Dec 2023 01:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31227

Actions (login required)

View Item
View Item