Implementasi Program Digital Talent Scholarship Oleh Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kominfo Makassar = Implementation of the Digital Talent Scholarship Program by the Human Resources Development and Research Center Kominfo Makassar


Mario, Chandra Kirana (2023) Implementasi Program Digital Talent Scholarship Oleh Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kominfo Makassar = Implementation of the Digital Talent Scholarship Program by the Human Resources Development and Research Center Kominfo Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011191038_skripsi_15-11-2023 caver1.jpg

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011191038_skripsi_15-11-2023 bab 1-2.pdf

Download (0B)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011191038_skripsi_15-11-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011191038_skripsi_15-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 December 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Chandra Kirana Mario (E011191038). Implementasi Program Digital Talent Scholarship Oleh Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kominfo Makassar. xiv + 98 Halaman + 3 Gambar + 1 Tabel + 30 Daftar Pustaka + Lampiran + Dibimbing oleh Prof Dr. Badu Ahmad, M.Si. dan Adnan Nasution, S.Sos., M.Si.

Implementasi kebijakan merupakan tahap yang sangat penting dalam proses kebijakan publik. Untuk mencapai tujuan kebijakan yang diinginkan, maka kebijakan harus diimplementasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Program Digital Talent Scholarship Oleh Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kominfo Makassar. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif deskriptif untuk memperoleh gambaran informasi yang menyeluruh. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi lapangan, dan studi pustaka terhadap dokumen-dokumen yang relevan dengan penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Program Digital Talent Scholarship Oleh Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kominfo Makassar jika analisis menggunakan 4 (empat) variabel implementasi kebijakan menurut (Edward 1980) yaitu variabel komunikasi yang terjalin antara pihak semua pihak yang terlibat telah berjalan dengan baik serta komunikasi dengan masyarakat juga telah berjalan dengan baik. Variabel sumber daya dalam implementasi program ini yang meliputi pegawai, informasi, wewenang serta fasilitas cukup tersedia walaupun masih terdapat kekurangan pegawai serta wewenang yang terlalu luas. Variabel disposisi atau sikap pegawai telah berjalan dengan baik karena untuk penempatan pegawai disesuaikan dengan pengalaman pendidikan serta kinerjanya dan adanya insentif untuk para pelaksana. Sedangkan struktur birokrasi yang belum berjalan dengan baik karena belum adanya SOP dalam implementasi program ini namun sudah menerapkan fragmentasi untuk semua pihak yang terlibat.

Kata Kunci: Impelementasi, Program Digital Talent Sholarship

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementation, Digital Talent Scholarship Program
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:18
Last Modified: 11 Dec 2023 07:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31206

Actions (login required)

View Item
View Item