Inovasi Berdaya Srikandi Oleh Srikandi Dalam Program Pengembangan Ekonomi Kreatif di Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Parepare = Empowered Innovation Srikandi by Srikandi in the Creative Economie Development Proagram at the Department of Agriculture Marine and Fisheries of Parepare City


Triana, Ratu (2022) Inovasi Berdaya Srikandi Oleh Srikandi Dalam Program Pengembangan Ekonomi Kreatif di Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Parepare = Empowered Innovation Srikandi by Srikandi in the Creative Economie Development Proagram at the Department of Agriculture Marine and Fisheries of Parepare City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011181312_skripsi_15-11-2023 caver1.jpg

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011181312_skripsi_15-11-2023 bab 1-2.pdf

Download (898kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011181312_skripsi_15-11-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011181312_skripsi_15-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 December 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Pemberdayaan perempuan merupakan salah satu strategi dalam mendukung pembangunan berkelanjutan baik tingkat nasional maupun daerah. Rendahnya partisipasi angkatan kerja perempuan pesisir di Kota Parepare disebabkan oleh kurangnya keterampilan teknis dan minimnya penerapan teknologi. Dalam hal ini Kota Parepare telah mengembangkan sebuah inovasi yaitu program Berdaya Srikandi Oleh Srikandi sebagai upaya melibatkan perempuan secara aktif dalam usaha ekonomi produktif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan level inovasi berdaya srikandi oleh srikandi dalam program pengembangan ekonomi kreatif di dinas pertanian kelautan dan perikanan Kota Parepare. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif untuk memberikan gambaran secara jelas mengenai masalah yang diteliti di Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan Kota Parepare, serta melakukan wawancara dengan beberapa informan.
Hasil penelitian diketahui dengan menggunakan teori yang dikembangkan oleh United Nations tentang best practice level inovasi yang dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu dampak; setelah adanya inovasi tersebut sangat membawa dampak positif dari berbagai aspek, keberlanjutan; inovasi ini tetap berlanjut dengan menggunakan strategi institusional berupa regulasi yang mendukung, kemitraan; terjalin kerjasama yang baik antar semua pihak mulai dari perumusan sampai tahap evaluasi, kepemimpinan dan pemberdayaan masyarakat; kepemimpinan dalam program ini bersifat demokratis dengan melihat pelibatan seluruh stakeholders pada setiap prosesnya, kesetaraan gender dan pengecualian sosial; terjadi kesetaraan gender dan tidak ada pengecualian sosial dengan memberdayakan perempuan untuk turut andil dalam ekonomi kreatif, serta inovasi dalam konteks lokal dan dapat ditransfer; inovasi ini merupakan hal yang sangat positif dan sangat menginspirasi bagi daerah lain yang memiliki potensi sumber daya. Gambaran level inovasi berdaya srikandi oleh srikandi telah memenuhi indikator yang ada. Namun, pemerintah harus tetap melakukan pengawalan kepada kelompok srikandi agar mampu bertahan.

Keywords : Inovasi, Berdaya Srikandi Oleh Srikandi, DPKP, Kualitatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Innovation, Enpowered Srikandi by Srikandi, DPKP, Qualitative
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Mar 2024 05:48
Last Modified: 19 Mar 2024 05:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31184

Actions (login required)

View Item
View Item