Efektivitas Pelayanan Online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantaeng = Effectiveness of Online Services at the Population and Civil Registration Office of Bantaeng Regency


Razi, Dien Fakhrur (2023) Efektivitas Pelayanan Online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantaeng = Effectiveness of Online Services at the Population and Civil Registration Office of Bantaeng Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011181307_skripsi_15-11-2023 caver1.jpg

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011181307_skripsi_15-11-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011181307_skripsi_15-11-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011181307_skripsi_15-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 December 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Dien Fakhrur Razi (E011181307), Efektivitas Pelayanan Online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantaeng. xv + 120 Halaman + 12 Gambar + 7 Tabel + 55 Daftar Pustaka + Lampiran, dibawah bimbingan Drs. Lutfi Atmansyah, MA. dan Andi Ahmad Yani, S.Sos., M.Si., M.P.A, M.Sc.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019 menjadi landasan bagi instansi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di seluruh Indonesia untuk melakukan pelayanan administrasi kependudukan melalui sarana daring atau online. Secara umum, pelayanan online merupakan bagian dari implementasi e-Government. Jenis pelayanan online atau digital terbagi menjadi tiga, yaitu Publish (Publikasi), Interact (Interaksi), dan Transact (Transaksi).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penyelenggaraan pelayanan berbasis online oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantaeng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang mana sumber data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung di lapangan, sementara data sekunder bersumber dari studi dokumen.
Pengukuran efektivitas dalam penelitian ini didasarkan pada konsep Pedrosa, et. al. (2020) yang mengemukakan 8 (delapan) indikator untuk mengevaluasi pelayanan publik digital (evaluating the effectiveness of digital public services), yaitu kemudahan penggunaan, bermanfaat, sederhana, terpercaya, tersedia, dapat dimengerti, konsisten, dan cepat. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, disimpulkan bahwa pelayanan berbasis online yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantaeng telah berjalan dengan efektif.

Keywords : Efektivitas, Pelayanan Publik, Pelayanan Online

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, Public Services, Online Services
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Mar 2024 05:47
Last Modified: 19 Mar 2024 05:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31182

Actions (login required)

View Item
View Item