Kurniawan, Kurniawan (2023) Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Gojek Makassar Terhadap Penggunaan Gopay = Analysis of the Gojek Makassar Marketing Communication Strategy for the Use of Gopay. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
E022202008_tesis_09-08-2023 caver1.jpg
Download (201kB) | Preview
E022202008_tesis_09-08-2023 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
E022202008_tesis_09-08-2023 dp.pdf
Download (547kB)
E022202008_tesis_09-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 December 2025.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Abstrak
Kurniawan, Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Gojek Cabang makassar terhadap Penggunaan Gopay dibimbing oleh ( Alimuddin Unde, Akbar )
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana implementasi strategi komunikasi pemasaran Gojek Cabang Makassar terhadap penggunaan Gopay. Gopay adalah metode pembayaran non-tunai yang dikembangkan oleh Gojek. Gopay telah berkembang dan digunakan di banyak wilayah Indonesia, khususnya di Kota Makassar. Metode penelitian yaitu kualitatif dengan proses pengumpulan data berasal dari dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gojek Cabang Makassar mengimplementasikan strategi komunikasi pemasarannya dengan mengandalkan pendekatan 4P (Product, price, place, dan promotion). Aspek produk diidentifikasi melalui produk Gopay. Pada aspek price yaitu dengan menawarkan pemotongan biaya atau diskon, sedangkan pada aspek tempat (place) yaitu dengan mempertimbangkan lokasi di mana pengguna atau konsumen dapat menemukan produk Gopay yang ditawarkan oleh Gojek Makassar. Lokasi yang dimaksud yaitu di ruang publik atau tempat umum, Cafe, restoran, dan pusat perbelanjaan, khususnya dilokasi pembayaran seperti di kasir. Strategi tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa produk Gopay dapat dikenali dan dijangkau dengan mudah oleh pengguna aplikasi Gojek dan masyarakat umum lainnya. Sedangkan aspek promosi dilakukan dengan memaksimalkan publikasi online dan offline. Untuk publikasi online, Gojek Makassar menggunakan media sosial seperti Instagram, sedangkan media offline menggunakan papan iklan seperti banner dan billboard. Selain pendekatan tersebut juga dilakukan upaya untuk tetap menjaga komunikasi tim agar tetap solid, melakukan inovasi dan evaluasi, serta menjaga keamanan pengguna dan merespon cepat setiap permasalahan teknis yang muncul. Implementasi strategi komunikasi pemasaran Gojek terhadap penggunaan Gopay dinilai positif, itu dibuktikan dengan data penggunaan Gopay yang meningkat.
Kata kunci: Komunikasi pemasaran, Strategi pemasaran, Gojek, Gopay
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gopay, Gojek, Communication strategy, Promotion |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 03:52 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 03:52 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31161 |