MANAJEMEN PRODUKSI PROGRAM SIARAN SIMPONI MALAM DALAM MEMPERTAHANKAN PENDENGAR PADA STASIUN RADIO CRISTY MAKASSAR = PRODUCTION MANAGEMENT OF THE SYMPHONY NIGHT BROADCASTING PROGRAM IN MAINTAINING LISTENDER AT CRISTY MAKASSAR RADIO STATION


Rosso, Alfa Juvando (2023) MANAJEMEN PRODUKSI PROGRAM SIARAN SIMPONI MALAM DALAM MEMPERTAHANKAN PENDENGAR PADA STASIUN RADIO CRISTY MAKASSAR = PRODUCTION MANAGEMENT OF THE SYMPHONY NIGHT BROADCASTING PROGRAM IN MAINTAINING LISTENDER AT CRISTY MAKASSAR RADIO STATION. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021191047_skripsi_01-08-2023 caver1.jpg

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021191047_skripsi_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (837kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021191047_skripsi_01-08-2023 dp.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021191047_skripsi_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 December 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
ALFA JUVANDO ROSSO. Manajemen Produksi Program Siaran Simponi Malam Dalam Mempertahankan Pendengar Pada Stasiun Radio Cristy Makassar. (Dibimbing oleh Andi Subhan Amir dan Sartika Wardanhi DH. Pasha)
Radio Cristy Makassar merupakan radio tertua di Makassar yang mengudara dengan menghadirkan program rohani Kristen. Tujuan penelitian adalah (1) mengetahui manajemen stasiun radio cristy makassar dalam mempertahankan pendengar program simponi malam. (2) faktor penghambat dan pendukung pada manajemen stasiun radio cristy makassar dalam mempertahankan pendengar program simponi malam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan adalah menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu yang memiliki relevansi dengan tujuan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dalam manajemen Radio Cristy dalam mempertahankan pendengar pada program simponi malam meliputi proses perencanaan (planning), pengorganisasi (organize), pengarahan (actuating), serta pengawasan (controlling), namun dalam proses-proses tersebut tidak secara maksimal terlaksana sesuai dengan prinsip POAC yang dijelaskan oleh George R Terry contohnya pada proses perencanaan dimana mereka lebih cenderung bekerja secara spontan untuk kemudian mengevaluasi tindakan tersebut, padahal sebagaimana fungsi perencanaan yang baik ialah dengan tidak bertindak atau membuat perencanaan program tanpa planning yang jelas agar dapat meminimalisir terjadinya error dalam pelaksanaannya. Namun, terlepas dari hal tersebut Radio ini tetap dapat mempertahankan pendengarnya dikarenakan keloyalitasan dari para pendengar mereka.
Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen stasiun Radio Cristy Makassar dalam mempertahankan pendengar pada Program Simponi Malam, meliputi dua faktor, yakni faktor pendukung yang meliputi, pendengar yang loyal serta kesiapan dan kesigapan penyiar dan faktor penghambat yang meliputi, keterbatasan sarana dan prasarana, keterbatasan sumber daya manusia, kesiapan stakeholder, serta faktor pengiklanan.

Keywords : Manajemen Penyiaran, Program Siaran Radio, Radio Cristy Makassar, Pendengar Radio

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Broadcasting Management, Radio Broadcasting Program, Radio Cristy Makassar, Radio Listeners
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:44
Last Modified: 20 Mar 2024 03:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31151

Actions (login required)

View Item
View Item