Self Disclosure Pengguna Aplikasi Bumble Wanita dalam Mencari Pasangan = Self-disclosure of Female Bumble Application Users in Searching for a Partner.


Nurazizah, Nabilah (2023) Self Disclosure Pengguna Aplikasi Bumble Wanita dalam Mencari Pasangan = Self-disclosure of Female Bumble Application Users in Searching for a Partner. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021191043_skripsi_01-08-2023 caver1.jpg

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021191043_skripsi_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021191043_skripsi_01-08-2023 dp.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021191043_skripsi_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 December 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor yang mempengaruhi self disclosure para pengguna aplikasi Bumble wanita dalam mencari pasangan (2) bagaimana self disclosure pengguna aplikasi Bumble wanita dalam mencari pasangan.
Penelitian ini dilakukan melalui aplikasi Bumble pada bulan Januari sampai Februari 2023 dengan menentukan informan secata purposive dan snowball. Jumlah informan dalam penelitian ini yaitu 9 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori penetrasi sosial dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dari data primer yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam kepada para informan, data sekunder yang diperoleh sumber tertentu melalui penelusuran hasil bacaan seperti buku, jurnal, skripsi, dan artikel internet.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 2 faktor yang mempengaruhi pengguna aplikasi Bumble wanita melakukan self disclosure untuk mencari pasangan yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internal yang peneliti temukan pada riset ini adalah karena merasa kesepian, bosan, dan keinginan untuk mencari teman/pacar baru. Sedangkan faktor eksternal yang mendorong pengguna Bumble wanita dalam mencari pasangan dikarenakan pengaruh dari luar yakni teman-teman dan keluarga. Adapun dari beberapa faktor-faktor self disclosure menurut Devito hanya tiga faktor yang sejalan dan sesuai dengan penelitian ini yakni faktor topik, efek diadik, dan perasaan menyukai. Pengungkapan diri pengguna Bumble wanita dalam mencari pasangan berdasarkan teori penetrasi sosial membuka irisan kepribadian model bawang secara acak dan tidak berurutan. Hanya irisan kepribadian tingkat pertama yang dibuka pada waktu bersamaan, yaitu artefak non-verbal. Ini dapat diketahui pada saat calon match pertama kali swipe dan melihat profil informan. Informan sebagai wanita merasa aman dan nyaman ketika menggunakan aplikasi Bumble dikarenakan wanita sebagai pemegang kendali pada aplikasi Bumble membuat informan dapat berhati-hati untuk memberikan informasi pribadinya dan lebih selektif memilih teman match.

Keywords : self disclosure, penetrasi sosial, wanita, Bumble

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: self disclosure, social penetration, female, Bumble
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:42
Last Modified: 20 Mar 2024 03:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31147

Actions (login required)

View Item
View Item