Pemanfaatan Facebook dalam Peningkatan Perekonomian di Kabupaten Luwu Timur (Studi pada Pelaku Online Shop di Kecamatan Kalaena) = Utilization of Facebook in Improving the Economy in East Luwu Regency (Study on Online Actors Shop in Kalaena District


Prihatin, Siska Ana (2023) Pemanfaatan Facebook dalam Peningkatan Perekonomian di Kabupaten Luwu Timur (Studi pada Pelaku Online Shop di Kecamatan Kalaena) = Utilization of Facebook in Improving the Economy in East Luwu Regency (Study on Online Actors Shop in Kalaena District. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021191006_skripsi_01-08-2023 caver1.jpg

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021191006_skripsi_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021191006_skripsi_01-08-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021191006_skripsi_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 December 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

SISKA ANA PRIHATIN. Pemanfaatan Facebook dalam Peningkatan Perekonomian di Kabupaten Luwu Timur (Studi Pada Pelaku Online Shop Di Kecamatan Kalaena) (Dibimbing oleh Muh. Akbar dan Nosakros Arya).
Tujuan penelitan ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan secara umum mengenai masyarakat di Kecamatan Kalena dalam memanfaatkan facebook sebagai media pemasaran; (2) untuk mengetahui fakor pendukung dan penghambat dalam memasarkan produk menggunakan facebook. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Kalaena, Kabupaten Luwu Timur. Adapun informan penelitian ini adalah pelaku UMKM di Kecamatan Kalaena yang melakukan pemasaran melalui facebook selama lebih dari 1 tahun. Informan penelitian ini ditentukan secara purpossive sampling berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif. Data primer dikumpulkan dengan melakukan observasi dan wawancara langsung dan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka meliputi buku, jurnal maupun informasi dari internet yang dapat dipertanggungjawabkan dan informasi lain dari pihak-pihak yang bersangkutan. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya disajikan dalam bentuk naratif .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Masyarakat Kecamatan Kalaena melakukan pemasaran di facebook dengan menggunakan akun pribadi miliknya maupun melalui fitur marketplace. Penjual/informan akan mengunggah foto/video dari produk yang dijual lalu menunggu respon dan orderan dari pembeli. Faktor pendukung yang melatarbelakangi masyarakat Kecamatan Kalaena untuk memanfaatkan facebook sebagai media pemasaran yaitu adanya keinginan untuk memiliki penghasilan sendiri dan memba ntu perekonomian keluarga serta adanya faktor pandemi dan lingkungan yaitu akses jaringan yang baik dan lancar. Adapun hambatan dalam melakukan pemasaran menggunakan facebook berupa hambatan eksternal berupa sarana dan prasarana yang kurang mendukung

Kata kunci : facebook, UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: facebook, MSME.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:13
Last Modified: 20 Mar 2024 03:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31140

Actions (login required)

View Item
View Item