KOMUNIKASI PEMBELAJARAN ANTARA MUHAFIDZAH DAN MAHASISWA PENGHAFAL QUR'AN (MPQ) MUSLIMAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI UKM LDK MPM UNIVERSITAS HASANUDDIN = LEARNING COMMUNICATION BETWEEN MUHAFIDZAH AND MUSLIMAH QUR'AN MEMORIZATION STUDENTS (MPQ) IN INCREASING LEARNING MOTIVATION AT UKM LDK MPM HASANUDDIN UNIVERSITY


Ariski, Nur Aena (2023) KOMUNIKASI PEMBELAJARAN ANTARA MUHAFIDZAH DAN MAHASISWA PENGHAFAL QUR'AN (MPQ) MUSLIMAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI UKM LDK MPM UNIVERSITAS HASANUDDIN = LEARNING COMMUNICATION BETWEEN MUHAFIDZAH AND MUSLIMAH QUR'AN MEMORIZATION STUDENTS (MPQ) IN INCREASING LEARNING MOTIVATION AT UKM LDK MPM HASANUDDIN UNIVERSITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021191001_skripsi_09-08-2023 caver1.jpg

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021191001_skripsi_09-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021191001_skripsi_09-08-2023 dp.pdf

Download (976kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021191001_skripsi_09-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 December 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

NUR AENA ARISKI. Komunikasi Pembelajaran antara Muhafidzah dan Mahasiswa Penghafal Qur’an (MPQ) Muslimah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di UKM LDK MPM Universitas Hasanuddin (Dibimbing oleh Sudirman Karnay dan Arianto).
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses komunikasi pembelajaran antara Muhafidzah dan Mahasiswa Penghafal Qur’an (MPQ) Muslimah dalam meningkatkan motivasi belajar di UKM LDK MPM Universitas Hasanuddin. (2) Untuk mengetahui hambatan komunikasi pembelajaran antara Muhafidzah dan Mahasiswa Penghafal Qur’an (MPQ) Muslimah dalam meningkatkan motivasi belajar di UKM LDK MPM Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini dilaksanakan selama empat bulan yaitu bulan Februari-Mei 2023 yang berlokasi di UKM LDK MPM Universitas Hasanuddin Makassar dengan objek penelitian Komunitas Mahasiswa Penghafal Qur’an (MPQ) Muslimah. Tipe penelitian yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang didapatkan dari data primer melalui wawancara mendalam dan observasi, serta data sekunder melalui studi pustaka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi pembelajaran yang dilakukan antara Muhafidzah dan Mahasiswa Penghafal Qur’an (MPQ) Muslimah dalam meningkatkan motivasi belajar, yaitu (1) Perkenalan diri, (2) Penyetoran dan Pembelajaran, (3) diskusi dan refleksi, serta (4) evaluasi. Penelitian ini juga menemukan bahwa selama proses komunikasi pembelajaran yang dilakukan antara Muhafidzah dan Mahasiswa Penghafal Qur’an (MPQ) Muslimah dalam meningkatkan motivasi belajar, ada beberapa hal yang menjadi hambatan antara lain: (1) Kurangnya partisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan kecenderungan untuk tidak hadir saat penyetoran hafalan, (2) Kesulitan dalam menguasai surah atau Juz tertentu, (3) Kurangnya motivasi internal dari Mahasiswa Penghafal Qur’an Muslimah, dan (4) Masih kurangnya interaksi antara Muhafidzah dan Mahasiswa Penghafal Qur’an Muslimah.

Keywords : Komunikasi Pembelajaran, Muhafidzah, Mahasiswa Penghafal Qur'an Muslimah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pembelajaran, Muhafidzah, Mahasiswa Penghafal Qur'an Muslimah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:21
Last Modified: 19 Mar 2024 02:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31136

Actions (login required)

View Item
View Item