POLA KOMUNIKASI WIRANIAGA DALAM MENGHADAPI KELUHAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN PURNA JUAL DI KALLA TOYOTA COKROAMINOTO MAKASSAR


Balebu, Gabby Gabriella (2023) POLA KOMUNIKASI WIRANIAGA DALAM MENGHADAPI KELUHAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN PURNA JUAL DI KALLA TOYOTA COKROAMINOTO MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of E022211040_tesis_25-10-2023 CAVER1.jpg]
Preview
Image
E022211040_tesis_25-10-2023 CAVER1.jpg

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of E022211040_tesis_25-10-2023 BAB 1-2.pdf] Text
E022211040_tesis_25-10-2023 BAB 1-2.pdf

Download (700kB)
[thumbnail of E022211040_tesis_25-10-2023 DP.pdf] Text
E022211040_tesis_25-10-2023 DP.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of E022211040_tesis_25-10-2023.pdf] Text
E022211040_tesis_25-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (924kB)

Abstract (Abstrak)

Gabby Gabriella B. Pola Komunikasi Wiraniaga dalam Menghadapi Keluhan Pelanggan Terhadap Pelayanan Purna Jual di Kalla Toyota Cokroaminoto Makassar (dibimbing oleh Moeh Iqbal Sultan dan Muhammad Farid)
Wiraniaga Kalla Toyota Cokroaminoto Makassar adalah karyawan yang bertugas melakukan promosi penjualan. Namun nyatanya setelah melakukan penjualan wiraniaga sering kali menjadi tempat mengeluh para pelanggan. Sehingga dalam menghadapi keluhan purna jual, wiraniaga membutuhkan beragam strategi komunikasi dalam mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi wiraniaga, strategi komunikasi wiraniaga serta faktor-faktor penghambat dan pendukung wiraniaga dalam menghadapi keluhan pelanggan di Kalla Toyota Cokroaminoto Makassar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang digunakan wiraniaga adalah dengan menentukan pelanggan berdasarkan karaktenya dan menanggapi keluhan pelanggan sesuai dengan kepribadiaannya. Sedangkan Komunikasi interpersonal digunakan untuk melakukan pendekatan lebih mendalam terhadap pelanggan sehingga wiraniaga berhasil mendapatkan perhatian dan pengertian dari pelanggan mengenai usaha wiraniaga dalam menangani keluhannya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Wiraniaga, Pelanggan, Komunikasi Interpersonal, Pola Komunikasi. Salesperson, Customer, Interpersonal Communication, Communication Pattern.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 19 Mar 2024 00:52
Last Modified: 19 Mar 2024 00:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31096

Actions (login required)

View Item
View Item