NEUROMARKETING DALAM MENENTUKAN PREFERENSI RASA SAJIAN KOPI PEACH AMERICANO PADA KELOMPOK USIA DEWASA AWAL (Studi Kasus: Cafe di Kota Makassar)


Jasqim, Jasqim (2023) NEUROMARKETING DALAM MENENTUKAN PREFERENSI RASA SAJIAN KOPI PEACH AMERICANO PADA KELOMPOK USIA DEWASA AWAL (Studi Kasus: Cafe di Kota Makassar). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D071191084_skripsi_07-11-2023 CAVER1.jpg]
Preview
Image
D071191084_skripsi_07-11-2023 CAVER1.jpg

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of D071191084_skripsi_07-11-2023 BAB 1-2.pdf] Text
D071191084_skripsi_07-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D071191084_skripsi_07-11-2023 DP.pdf] Text
D071191084_skripsi_07-11-2023 DP.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of D071191084_skripsi_07-11-2023.pdf] Text
D071191084_skripsi_07-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 December 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Perusahaan saat ini diharuskan untuk menciptakan inovasi bisnis dalam menghadapi persaingan di era kemajuan teknologi. Cafe Safehaus merupakan salah satu cafe di Kota Makassar. Cafe Safehaus melakukan strategi pengembangan produk baru berupa menu sajian kopi Peach Americano. Neuromarketing merupakan metode objektif yang digunakan dalam mengidentifikasi preferensi konsumen terhadap produk baru melalui pendekatan berbasis otak.
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik respon gelombang otak berdasarkan kecepatan waktu dan mengidentifikasi karakteristik gelombang otak yang menunjukkan tingkat kesukaan terhadap rasa sajian menu kopi Peach Americano yang diformulasikan menjadi 4 pilihan variasi dengan tingkatan komposisi bahan yang berbeda-beda sebagai stimulus. Electroencephalography (EEG) portabel menjadi neuromarketing tools yang digunakan dalam merekam aktivitas sinyal gelombang otak partisipan. Partisipan merupakan kelompok usia dewasa awal (20 sampai 30 tahun) terdiri dari 12 orang laki-laki dan 8 orang perempuan yang merupakan penikmat kopi.
Respon gelombang otak alpha dan beta pada partisipan laki-laki dan perempuan menunjukkan kecepatan respon yang relatif serupa. Namun, pada variasi sajian dengan rasa yang seimbang antara manis dan pahit (Variasi 1), respon gelombang otak pada partisipan laki-laki menunjukkan respon yang lebih cepat namun secara statistik tidak signifikan. Partisipan laki-laki menyukai variasi sajian yang memiliki rasa yang seimbang antara manis dan pahit (Variasi 1). Sedangkan partisipan perempuan menyukai variasi sajian dengan rasa yang paling manis di antara variasi lainnya (Variasi 0).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:44
Last Modified: 18 Mar 2024 06:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31086

Actions (login required)

View Item
View Item