PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN PERTUMBUHANNYA TERHADAP KINERJA KEUANGAN RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN DI MASA DEPAN MELALUI KINERJA KEUANGAN SAAT INI = THE EFFECT OF INTELLECTUAL CAPITAL AND ITS GROWTH ON FINANCIAL PERFORMANCE IN HASANUDDIN UNIVERSITY HOSPITAL IN THE FUTURE THROUGH CURRENT FINANCIAL PERFORMANCE


Paramita, Rahma (2023) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN PERTUMBUHANNYA TERHADAP KINERJA KEUANGAN RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN DI MASA DEPAN MELALUI KINERJA KEUANGAN SAAT INI = THE EFFECT OF INTELLECTUAL CAPITAL AND ITS GROWTH ON FINANCIAL PERFORMANCE IN HASANUDDIN UNIVERSITY HOSPITAL IN THE FUTURE THROUGH CURRENT FINANCIAL PERFORMANCE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A022191005_tesis_01-08-2023 caver1.jpg

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A022191005_tesis_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A022191005_tesis_01-08-2023 dp.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A022191005_tesis_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2025.

Download (11MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menginvestigasi hubungan antara efisiensi dari value added komponen-komponen utama yang berbasis pada sumber daya rumah sakit (yaitu physical capital, human capital dan structural capital) dan tiga dimensi tradisional kinerja keuangan: profitabilitas ROA, produktivitas ATO, dan GR.
Data diperoleh dari laporan keuangan rumah sakit selama lima periode, 2018-2022. Penelitian ini menguji tiga elemen dari VAICTM dan ukuran-ukuran kinerja keuangan rumah sakit dengan menggunakan partial least squares (PLS) untuk analisis data.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif IC (VAICTM) terhadap kinerja keuangan perusahaan; IC (VAICTM) juga berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan masa depan; dan bahwa rata-rata pertumbuhan IC (Rate of Growth of IC/ ROGIC) berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan; ROGIC berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan masa depan; kinerja keuangan di masa kini sebagai variable intervening berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan masa depan; Kinerja keuangan saat ini berpengaruh positif dalam perannya sebagai variable mediasi antara IC (VAICTM) terhadap kinerja keuangan di masa depan (F-PERF) dan kinerja keuangan saat ini berpengaruh positif dalam perannya sebagai variable mediasi antara ROGIC terhadap kinerja keuangan di masa depan (F-PERF).
Secara keseluruhan, temuan empiris penelitian ini menyatakan bahwa Value added of Capital Employed (VACA) dan Structural Capital Value Added (STVA), ROA, ATO dan GR merupakan indikator yang paling signifikan untuk VAICTM dan kinerja keuangan rumah sakit selama lima tahun. Sementara human capital (VAHU) tidak memiliki pengaruh. Keterbatasan penelitian ini adalah penggunaan seluruh perusahaan sektor perbankan.

Keywords : Intellectual Capital, VAICTM, kinerja keuangan, partial least squares.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Intellectual capital, VAIC TM, Hospital performance, Partial least squares
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Mar 2024 07:05
Last Modified: 07 Mar 2024 07:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31008

Actions (login required)

View Item
View Item