Perbandingan Perlekatan Streptococcus Mutans Pada Braket Metal-Keramik Dengan Archwire Ortodonti Coated – Uncoated: Studi In Vitro = The Comparison of Streptococcus Mutans Adhesion to Metal and Ceramic Brackets with Coated and Uncoated Nickel Titanium Orthodhontic Archwire: In Vitro Study


Kurniati, Andi (2022) Perbandingan Perlekatan Streptococcus Mutans Pada Braket Metal-Keramik Dengan Archwire Ortodonti Coated – Uncoated: Studi In Vitro = The Comparison of Streptococcus Mutans Adhesion to Metal and Ceramic Brackets with Coated and Uncoated Nickel Titanium Orthodhontic Archwire: In Vitro Study. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J055192003_tesis_24-10-2023 caver1.jpg

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J055192003_tesis_24-10-2023 bab 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J055192003_tesis_24-10-2023 dp.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J055192003_tesis_24-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2025.

Download (11MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang: Penempatan peranti ortodonti dapat menyebabkan perlekatan bakteri yang mempengaruhi perubahan lingkungan dalam rongga mulut, komposisi flora normal dan perubahan pada konsentrasi bakteri, khususnya bakteri Streptococcus mutans. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbandingan perlekatan bakteri Streptococcus mutans pada braket metal dan keramik yang diikat dengan archwire coated dan uncoated.Metode: Sampel penelitian adalah braket logam, braket keramik, coated archwire dan uncoated archwire, Sampel sebanyak 40, dibagi menjadi empat kelompok perlakuan yang terdiri dari 10 sampel untuk setiap kelompok perlakuan. Kelompok I braket logam dengan coated archwire, kelompok II braket logam dengan uncoated archwire, kelompok III braket keramik dengan coated archwire, kelompok IV braket keramik dengan uncoated archwire, menggunakan strain Streptococcus mutans ATCC2517. Perlekatan dihitung menggunakan Elisa Reader berdasarkan nilai Optical Density. Analisis menggunakan SPSS versi 26.0, Uji Kruskal Wallis kemudian dilanjutkan uji Mann-Whitney (Post Hoc).
Hasil: Perlekatan bakteri Streptococcus mutans lebih banyak pada kelompok IV, kemudian kelompok III, diikuti kelompok II dan paling rendah kelompok I. Hasil uji Mann Whiteney menunjukkan perbandingan perlekatan streptococcus mutans yang signifikan pada kelompok I dengan III, kelompok I dengan IV, kelompok II dengan IV (p < 0,05).
Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan perbedaan perlekatan Streptococcus mutans terhadap berbagai peranti ortodonti yaitu perlekatan paling tinggi pada kombinasi braket keramik-uncoated archwire kemudian braket keramik-coated archwire diikuti braket logam-uncoated archwire dan paling rendah braket logam-coated archwire.

Keywords : Braket keramik, Braket logam, Coated archwire, Streptococcus mutans, Uncoated archwire

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Ceramic bracket, Coated archwire, Metal bracket, Streptococcus mutans, Uncoated archwire
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > PPDGS - Ortodonti
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Mar 2024 01:16
Last Modified: 07 Mar 2024 01:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30996

Actions (login required)

View Item
View Item