PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN BERBASIS WEB DI KANTOR DESA TANETE KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG


Mansyur, Nia Kurniati (2023) PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN BERBASIS WEB DI KANTOR DESA TANETE KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H13116511_skripsi_26-10-2023 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H13116511_skripsi_26-10-2023 caver1.jpg

Download (482kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
H13116511_skripsi_26-10-2023 dp.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
H13116511_skripsi_26-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Perpindahan dari Era Revolusi Industri 4.0 ke Era Society 5.0 telah membawa perubahan paradigma masyarakat menuju kegiatan yang berbasis teknologi. Dalam upaya menghadapi perkembangan zaman dan teknologi yang terus berkembang, masyarakat dan pemerintah perlu beradaptasi untuk tidak tertinggal dari kemajuan teknologi. Kantor Desa Tanete Kab. Sidenreng Rappang sebagai instansi pemerintah memiliki tanggung jawab dalam menjalankan administrasi kependudukan, tetapi pelayanannya masih terkendala oleh pengolahan data yang masih konvensional. Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan, diperlukan solusi berbasis teknologi informasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi sistem pelayanan administrasi kependudukan berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (hypertext Preprocessor) dengan menggunakan model waterfall sebagai pengembangan sistem dan menggunakan framework Laravel sebagai bahasa pemrograman yang telah didukung dengan fitur MVC (Model View Controller) dan database MySQL. Pengujian sistem dilakukan menggunakan teknik metode black box dan pengujian system usability. Hasil pengujian sistem dengan teknik black box menunjukkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan dan hasil pengujian system usability menggunakan kuesioner menunjukkan nilai persentase yang sangat baik. Melalui penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan efisiensi pengolahan data kependudukan. Dengan akses yang lebih mudah dan cepat, warga dapat mengajukan permohonan surat kependudukan tanpa hambatan secara online dan real-time. Dengan dikembangkannya sistem ini dapat memberikan manfaat signifikan dalam meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan dan menjadi kontribusi nyata untuk pembangunan masyarakat yang cerdas berbasis teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Pelayanan administrasi, PHP, Model Waterfall, Framework Laravel, MVC, Black Box, System Usability.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 07 Mar 2024 00:56
Last Modified: 07 Mar 2024 00:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30993

Actions (login required)

View Item
View Item