Hubungan Posisi Duduk dan Kualitas Tidur dengan Tingkat Keluhan Musculoskeletal Disorders pada Santri Tahfidz Putri Pesantren Darul Aman Gombara Makassar = Correlation between Sitting Position and Sleep Quality with Levels of Musculoskeletal Disorders Complaints in Female Tahfidz Student Darul Aman Gombara Islamic Boarding School Makassar


Sholehat, Iis Rizki (2023) Hubungan Posisi Duduk dan Kualitas Tidur dengan Tingkat Keluhan Musculoskeletal Disorders pada Santri Tahfidz Putri Pesantren Darul Aman Gombara Makassar = Correlation between Sitting Position and Sleep Quality with Levels of Musculoskeletal Disorders Complaints in Female Tahfidz Student Darul Aman Gombara Islamic Boarding School Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R021191032_skripsi_17-10-2023 cover1.png

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R021191032_skripsi_17-10-2023 1-2.pdf

Download (981kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R021191032_skripsi_17-10-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R021191032_skripsi_17-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 December 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Gangguan muskuloskeletal atau biasa disebut Musculoskeletal Disorders (MSDs) merupakan gangguan yang dirasakan oleh seseorang pada bagian otot rangka. Santri tahfidz memiliki jadwal harian yang telah ditentukan yang mana waktu menghafalnya didominasi dalam posisi duduk dan juga memiliki durasi tidur yang singkat. Posisi duduk yang salah dan kualitas tidur yang buruk merupakan salah satu faktor risiko terjadinya Musculoskeletal Disorders. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan posisi duduk dan kualits tidur dengan tingkat keluhan Musculoskeletal Disorders pada santri tahfidz putri Pesantren Darul Aman Gombara Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif korelasional. Adapun pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel lima puluh orang (n=50) yang merupakan santri tahfidz putri yang memenuhi kriteria inklusi-eksklusi. Variabel posisi duduk diukur menggunakan Rapid Entire Body Assesment (REBA), Kualitas tidur diukur menggunakan Kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Indeks (PSQI), sedangkan Keluhan Musculoskeletal Disorders diukur menggunakan kuesioner Nordic Body Map (NBM). Pada penelitian ini dilakukan uji korelasi antara kedua variabel menggunakan uji Fisher yaitu posisi duduk dengan tingkat keluhan Musculoskeletal Disorders didapatkan hasil p-value sebesar 1.000 yang berarti tidak terdapat hubungan antara kedua variabel dan untuk kualitas tidur dengan tingkat keluhan Musculoskeletal Disorders didapatkan hasil p-value sebesar 0.317 yang berarti tidak terdapat hubungan antara kedua variabel.

Kata Kunci: Posisi Duduk, Kualitas Tidur, REBA, PSQI, Musculoskeletal Disorders.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sitting Position, Sleep Quality, REBA, PSQI, Musculoskeletal Disorders.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Profesi Fisioterapi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:28
Last Modified: 19 Feb 2024 03:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30951

Actions (login required)

View Item
View Item