STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SARABBA INSTAN (Studi Kasus: Usaha Sarabba Instan Sukma Jahe CV. Monity Jaya Bersama, Kota Makassar) = DEVELOPMENT STRATEGY OF SARABBA INSTANT BUSINESS (Case Study on the Business of Sarabba Instant Sukma Jahe CV. Monity Jaya Bersama, In Makassar City)


Amanda, Salsabil Nurul (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SARABBA INSTAN (Studi Kasus: Usaha Sarabba Instan Sukma Jahe CV. Monity Jaya Bersama, Kota Makassar) = DEVELOPMENT STRATEGY OF SARABBA INSTANT BUSINESS (Case Study on the Business of Sarabba Instant Sukma Jahe CV. Monity Jaya Bersama, In Makassar City). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021191082_skripsi_08-11-2023 cover1.png

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021191082_skripsi_08-11-2023 1-2.pdf

Download (781kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021191082_skripsi_08-11-2023 dp.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021191082_skripsi_08-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 November 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Sarabba instan merupakan produk olahan jahe yang diadopsi dari resep tradisional lalu dimodifikasi dengan melewati berbagai proses pengolahan dan teknologi sehingga menghasilkan rasa yang lebih pas serta dikemas dalam bentuk sachet. Usaha sarabba mempunyai potensi dan peluang yang menjanjikan untuk memperoleh keuntugan yang besar dikarenakan saat ini banyak masyarakat yang gemar mengonsumsi minuman jahe instan. Penelitian ini dilakukan pada CV. Monity Jaya Bersama, Kota Makassar yang bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan yang tepat dan efektif bagi usaha sarabba instan. Keseluruhan data dan informasi yang diperoleh dengan menggunakan metode APPAS (Analisis Perencanaan Pengembangan). Hasil analisis ini menyatakan bahwa CV. Monity Jaya Bersama dalam pengembangan usahanya menghadapi beberapa masalah dengan masalah utama “Volume penjualan tidak optimal” yang disebabkan oleh upaya promosi di sosial media yang kurang dan kapasitas produksi yang terbatas. Masalah upaya promosi di sosial media yang kurang disebabkan karena sumberdaya manusia yang terbatas sedangkan masalah kapasitas produksi yang terbatas disebabkan oleh alat dan mesin produksi yang kurang memadai. Apabila masalah utama volume penjualan tidak optimal, maka akan mengakibatkan omset yang diterima oleh CV. Monity Jaya Bersama tidak meningkat. Sehingga yang menjadi sasaran utama adalah volume penjualan yang meningkat. Maka tindakan yang perlu dilakukan untuk mencapai sasaran utama CV. Monity Jaya Bersama yakni merekrut SDM bagian pemasaran yang berpengalaman serta membeli mesin penepungan dan kompor.

Keywords : Sarabba; Bisnis; Pengembangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sarabba; Business; Development.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Nov 2023 01:27
Last Modified: 29 Nov 2023 01:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30848

Actions (login required)

View Item
View Item