Analisis Gaya Bahasa yang Digunakan Dalam Mempromosikan Produk Kosmetik yang Diposting di Grup Facebook Makassar Dagang = The Analysis of Language Styles Used in Promoting Cosmetic Products Posted on Makassar Dagang Facebook Group


Khadijah, Siti Nur (2023) Analisis Gaya Bahasa yang Digunakan Dalam Mempromosikan Produk Kosmetik yang Diposting di Grup Facebook Makassar Dagang = The Analysis of Language Styles Used in Promoting Cosmetic Products Posted on Makassar Dagang Facebook Group. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F041171518_skripsi_09-11-2023 CAVER1.jpg

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F041171518_skripsi_09-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F041171518_skripsi_09-11-2023 DP.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F041171518_skripsi_09-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (10MB)

Abstract (Abstrak)

SITI NUR KHADIJAH. 2023. Analisis Gaya Bahasa yang Digunakan dalam Mempromosikan Produk Kosmetik yang Diposting di Grup Facebook Makassar Dagang (dibimbing oleh Sukmawaty dan Abidin Pammu)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi gaya bahasa yang digunakan dalam mempromosikan produk kosmetik yang diposting di grup Facebook Makassar Dagang. Selain itu, penelitian ini juga membahas gaya yang paling banyak digunakan dalam mempromosikan produk kosmetik di Makassar Dagang. Analisis kualitatif deskriptif digunakan dalam analisis data. Data yang disajikan dalam penelitian ini dikumpulkan dari postingan promosi produk kosmetik di grup Facebook Makassar Dagang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara memantau postingan secara menyeluruh, kemudian memilih postingan yang mengandung gaya bahasa untuk mendapatkan data yang relevan dengan rumusan pertanyaan dalam penelitian ini. Setelah itu, data dianalisis dengan menggunakan teori gaya bahasa yang dikemukakan oleh William Well untuk menunjukkan gaya bahasa yang digunakan dalam mempromosikan produk kosmetik yang diposting di grup Facebook Makassar Dagang. Berdasarkan hasil analisis, terdapat 18 promosi produk kosmetik yang diposting di Makassar Dagang. Posting tersebut terdiri dari hiperbola, asonansi, aliterasi dan personifikasi. Gaya hiperbola paling banyak digunakan dan kemunculannya sekitar 7 kali, diikuti gaya asonansi sebanyak 6 kali, aliterasi sebanyak 4 kali, dan personifikasi sebanyak 1 kali.

Keywords : Gaya Bahasa, Postingan Promosi, Produk Kosmetik, Makassar Dagang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Language Style, The Promoting Posts, Cosmetic Products, Makassar Dagang
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Apr 2024 03:18
Last Modified: 18 Apr 2024 03:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30632

Actions (login required)

View Item
View Item