GAMBARAN PENCAPAIAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK KELURAHAN TAMALANREA JAYA KOTA MAKASSAR = DESCRIPTION OF THE ACHIEVEMENT OF EMOTIONAL SOCIAL ABILITIES OF EARLY CHILDREN IN TAMALANREA JAYA CHILDHOOD PARK, MAKASSAR CITY


Gede S, I Desak (2023) GAMBARAN PENCAPAIAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK KELURAHAN TAMALANREA JAYA KOTA MAKASSAR = DESCRIPTION OF THE ACHIEVEMENT OF EMOTIONAL SOCIAL ABILITIES OF EARLY CHILDREN IN TAMALANREA JAYA CHILDHOOD PARK, MAKASSAR CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C12116312_skripsi_cover1.jpg

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C12116312_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (795kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C12116312_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C12116312_skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK I Desak Gede Susilawati, C12116312. GAMBARAN PENCAPAIAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAKKELURAHAN TAMALANREA JAYA KOTA MAKASSAR. Dibimbing oleh Andriani dan Hapsah Latar Belakang : Perkembangan sosial emosional anak usia dini penting bagi masa depan anak. Salah satunya ialah kemampuan anak dalam mengelola emosi dan berinteraksi dengan lingkungan. Kesalahan saat merawat anak usia dini akan menghambat perkembangan anak yang seharusnya optimal menjadi tidak optimal.Tujuan Penelitian : mengetahui gambaran pencapaian kemampuan sosial emosional anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Kelurahan Tamalanrea Jaya Kota Makassar.Metode : Penelitian deskriptif cross sectional dengan sampling jenuh terhadap 110 anak menggunakan data sekunder. Penelitian ini menggunakan instrument Indikator perkembangan sosial emosional mengacu pada (Peraturan Menteri Pendidkan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2013).
Hasil : Kemampuan sosial emosional anak usia dini di taman kanak-kanak kelurahan tamalanrea jaya kota Makassar menunjukkan anak yang bersikap koperatif dengan teman paling banyak menunjukkan sosial emosianal mulai berkembang 58,2%. Anak yang menunjukkan sikap toleran paling banyak dengan social emosioanal berkembang sesuai harapan 45,5%. Anak yang memahami peraturan disiplin paling banyak dengan sosial emosional berkembang sesuai harapan 53,6%. Anak yang paling banyak mampu mengekspresikan emosi sesuai dengan kondisi social emosional berkembang sesuai harapan 60,9%. Anak yang sudah mengenal tata karma dan sopan santun paling banyak memiliki sosial emosional sudah bekembang sesuai harapan 55,5%. anak yang paling banyak mampu menunjukkan rasa empati memiliki sosial emosional berkembang sesuai harapan 57,3%. Anak yag memiliki sikap gigih paling banyak menunjukkan social emosional pada tahap berkembang sesuai harapan 50,0%. Anak yang bangga terhadap hasil karya sendiri menujukkan paling banyak sosial emosional mulai berkembang 57,3% dan anak yang menghargai keunggulan orang lain menunjukkan social emosional paling banyak mulai berkembang 56,4%.Kesimpulan : Pencapaian kemampuan sosial emosional anak usia dini di taman kanak-kanak kelurahan tamalanrea jaya kota Makassar sebagian besar anak bersikap kooperatif dengan teman, sebagian anak menunjukkan sikap toleran, sebagian besar anak dapat memahami peraturan disiplin, sebagian besar anak mampu mengekspresikan emosi sesuai dengan kondisi, sebagian besar anak telah mengenal tata karma dan sopan santun, sebagian besar anak telah mampumenunjukkan rasa empati, sebagian besar anak telah menunjukkan sikap gigih, sebagian besar anak telah menunujukkan rasa bangga terhadap hasil karyanya sendiri dan sebagian besar anak telah mampu menghargai keunggulan orang lain. Saran : Peneliti menyarankan agar orang tua dan pendidik meluangkan waktu dan memfasilitasi perkembangan social emosional anak.

Kata Kunci : Emosional anak, Perkembangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Emotional children, development
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Keperawatan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 04 Apr 2024 00:23
Last Modified: 04 Apr 2024 00:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30574

Actions (login required)

View Item
View Item