KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MAROS = The Quality of Services for Making Child Identity Cards (KIA) at The Department of Population and Civil Registration of Maros Regency


Zalsabila, Nur Hidayanti (2023) KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MAROS = The Quality of Services for Making Child Identity Cards (KIA) at The Department of Population and Civil Registration of Maros Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011191095_skripsi_01-08-2023 caver1.jpg

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011191095_skripsi_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (772kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011191095_skripsi_01-08-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011191095_skripsi_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Nur Hidayanti Zalsabila (E011191095). Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Maros. XV+ 76 halaman + 2 Gambar + 6 Tabel + 27 Daftar Pustaka + Lampiran + Dibimbing oleh Dr. Nurdin Nara, M. Si dan Dr. Muh. Tang. Abdullah, M.A.P.
Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Maros.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Adapun fokus penelitian yaitu didasarkan pada 5 dimensi kualitas pelayanan menurut Parasuraman, Zeithaml, dan Berry (1988:23) yakni Tangibles (bukti langsung/berwujud), Reliability (keandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), Empathy (empati).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Maros telah dilaksanakan cukup baik, namun masih terdapat hal-hal perlu ditingkatkan dalam beberapa indikator.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kartu Identitas Anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Service Quality, Child's Identity Card
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:22
Last Modified: 01 Apr 2024 02:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30559

Actions (login required)

View Item
View Item