Public Trust dalam Pelayanan Kartu Tanda Penduduk di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangkep = Public Trust In Regional Population And Civil Registry Office For Their Service On Making The Residents’ Identity Cards In Pangkep


Sari, Nur Alisa Puspita (2023) Public Trust dalam Pelayanan Kartu Tanda Penduduk di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangkep = Public Trust In Regional Population And Civil Registry Office For Their Service On Making The Residents’ Identity Cards In Pangkep. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011191078_skripsi_01-08-2023 caver1.jpg

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011191078_skripsi_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (997kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011191078_skripsi_01-08-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011191078_skripsi_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penyelenggaraan pelayanan publik yang baik dapat dilihat dari peningkatan kredibilitas suatu pelayanan dalam masyarakat. Dan sebaliknya, penyelenggaraan pelayanan publik yang kurang baik, maka lambat laun akan membuat masyarakat menjadi enggan percaya dengan lembaga tersebut. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangkep selaku instansi pelaksana administrasi kependudukan memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan yang sama dan profesional. Namun, kenyataannya pelayanan KTP masih kurang dan menimbulkan banyak keluhan serta berdampak pada kepercayaan masyarakat sebagai penerima pelayanan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan dan Menganalisis komitmen yang kredibel, Ketulusan, Kejujuran, Kompetensi, dan Keadilan dalam Pelayanan Kartu Tanda Penduduk di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangkep. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer yang bersumber langsung dari informan dan data sekunder yang bersumber dari dokumen yang relevan dengan permasalahan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Public Trust dalam Pelayanan Kartu Tanda Penduduk di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangkep yang diukur menggunakan 5 (lima) indikator menurut Kim (2005) yaitu komitmen yang kredibel, dan ketulusan sudah tergolong baik. Terbukti dengan kesesuaian standar prosedur serta pemberian pelayanan sesuai dengan jam pelayanan, tidak adanya niat terselubung pegawai dalam memberikan pelayanan dan menghargai pemohon. Sedangkan, indikator Kejujuran, Kompetensi, dan Keadilan belum maksimal karena kurang terbukanya pegawai terkait informasi dan belum adanya inisiatif untuk memberitahukan informasi kepada pemohon, terdapat pegawai yang kurang cermat dan teliti dalam menjalankan tugasnya sehingga terjadi kesalahan dalam pemeriksaan berkas dan pencetakan KTP, serta terdapat pegawai yang mewajarkan nepotisme dalam pelayanan dan beberapa kenalan pemohon yang mengalami diskriminasi sehingga merekomendasikan untuk menghubungi atau menggunakan “orang dalam”. Oleh karena itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangkep perlu lebih terbuka kepada pemohon dengan memanfaatkan media sosial dan berkomunikasi dengan pemohon.

Keywords: Administrasi Kependudukan, Kartu Tanda Penduduk, Kepercayaan Publik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Demographic Administration, Identity Cards, Public Trust
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:08
Last Modified: 27 Mar 2024 03:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30544

Actions (login required)

View Item
View Item