ANALISIS SISTEM OPERASIONAL USAHA POMPA AIR PADA LAHAN SAWAH NON IRIGASI (STUDI KASUS USAHA POMPA AIR PAK ILHAM DI DESA MALLUSESALO, KECAMATAN SABBANGPARU, KABUPATEN WAJO, PROVINSI SULAWESI SELATAN)


Risdawati, Risdawati (2020) ANALISIS SISTEM OPERASIONAL USAHA POMPA AIR PADA LAHAN SAWAH NON IRIGASI (STUDI KASUS USAHA POMPA AIR PAK ILHAM DI DESA MALLUSESALO, KECAMATAN SABBANGPARU, KABUPATEN WAJO, PROVINSI SULAWESI SELATAN). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Air merupakan kebutuhan pokok areal persawahan, karena sawah diidentikkan dengan tanah yang liat, yang haru mengandung banyak air. Secara umum, sawah itu sendiri terbagi dua jenis, yaitu sawah irigasi dan sawah non irigasi. Sawah irigasi memiliki pengairan khusus, berupa parit sedangkan lahan sawah non irigasi, kebanyakan hanya mengandalkan air hujan. Oleh sebab itu, diperlukan teknologi pendukung berupa mesin pompa air untuk memenuhi kebutuhan air lahan sawah non irigasi.
Penelitian ini dilakukan di Desa Mallusesalo, Kecamatan Sabbang Paru, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif, dengan cara mengumpulkan informasi melalui wawancara dan kuisioner yang diperoleh dari petani.

Kata Kunci: Pompa Air, Manajemen, Kelayakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Water Pump, Management, Feasibility
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:18
Last Modified: 25 Mar 2024 02:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30469

Actions (login required)

View Item
View Item