ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT UNTUK BERZAKAT DI KABUPATEN BARRU = Analysis of The Communication Strategy of The National Amil Zakat Agency (Baznas) in Increasing Public Interest and Trust in Giving Zakat in Barru District


Muawwanah, Muawwanah (2023) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT UNTUK BERZAKAT DI KABUPATEN BARRU = Analysis of The Communication Strategy of The National Amil Zakat Agency (Baznas) in Increasing Public Interest and Trust in Giving Zakat in Barru District. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022211042_tesis_13-11-2023 CAVER1.jpg

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022211042_tesis_13-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022211042_tesis_13-11-2023 DP.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022211042_tesis_13-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 November 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

MUAWWANAH. Analisis Strategi Komunikasi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam Meningkatkan Minat dan Kepercayaan Masyarakat untuk Berzakat di Kabupaten Barru (dibimbing ole Muh. Akbar dan Muhammad Farid)
Kehidupan masyarakat membutuhkan interaksi sat dengan yang lain dan salah satu tempat yang sangat membutuhkan komunikasi adalah kantor atau organisasi. Baznas Kabupaten Barru adalah lembaga zakat yang pernah mendapat zakat award pada tahun 2018, meski jumlah dana zakat yang terhimpun tidak mengalami penurunan namun Baznas tidak lagi meraih penghargaan peraih zakat terbaik. Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis strategi komunikasi Badan Amil Zakat (BAZNAS) dalam meningkatkan minat dan kepercayaan masyarakat untuk berzakat di Kabupaten Barru. Selain it untuk menganalisis faktor penghambat dan pendukung Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kabupaten Barru dalam meningkatkan minat dan kepercayaan masyarakat untuk berzakat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan Baznas adalah komunikasi interpersonal dengan pemangku kepentingan yaitu Bupati Barru, melakukan sosialisasi, membentuk UPZ, promosi media sosial, promosi program penyaluran. Kesimpulan penelitian ini adalah kemudahan komunikasi Baznas diperoleh karena peran komunikator yang merupakan tokoh agama dan tokoh masyarakat sehingga mudah dalam hal mendapat kepercayaan masyarakat, namun demikian Baznas terkendala dalam hal menarik muzakki diluar dari ASN karena tidak adanya dasar aturan peraturan wajib zakat selain ASN.

Keywords : Baznas, Zakat, Masyarakat, Kepercayaan. 2023

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Baznas, Zakat, Community, Trust.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:18
Last Modified: 25 Mar 2024 01:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30444

Actions (login required)

View Item
View Item