ANALISIS MAKNA DAN SIMBOL TRADISI MAPPALELO CAKKURIRI SEBAGAI KOMUNIKASI PEMERSATU MASYARAKAT DI DESA PUTTA’DA KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE = ANALYSIS OF THE MEANING AND SYMBOL OF THE MAPPALELO CAKKURIRI TRADITION AS COMMUNITY UNITING COMMUNICATION IN PUTTADA VILLAGE MAJENE DISTRICT)


Maulle, Cahya Novianti (2023) ANALISIS MAKNA DAN SIMBOL TRADISI MAPPALELO CAKKURIRI SEBAGAI KOMUNIKASI PEMERSATU MASYARAKAT DI DESA PUTTA’DA KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE = ANALYSIS OF THE MEANING AND SYMBOL OF THE MAPPALELO CAKKURIRI TRADITION AS COMMUNITY UNITING COMMUNICATION IN PUTTADA VILLAGE MAJENE DISTRICT). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022211033_tesis_13-11-2023 CAVER1.jpg

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022211033_tesis_13-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022211033_tesis_13-11-2023 DP.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022211033_tesis_13-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 November 2025.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Cahya Novianti Maulle. Analisis Makna dan Simbol Tradisi Mappalelo Cakkuriri Sebagai Komunikasi Pemersatu Masyarakat di desa Puttada Kabupaten Majene (dibimbing oleh Jeanny Maria Fatimah dan Muhammad Farid)
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis proses Tradisi Mappalelo Cakkuriri di Desa Putta’da (2) menganalisis makna simbol dan pesan dalam Tradisi Mappalelo Cakkuriri di Desa Putta’da Kabupaten Majene. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yakni suatu bentuk pendekatan yang berusaha untuk mengungkapkan fakta-fakta, gejala dan peristiwa secara obyektif dengan memfokuskan pada makna simbol yang terjadi selama tradisi Mappalelo Cakkuriri. Sumber data adalah data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai key instrument (instrumen kunci). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan penelusuran referensi. Lalu, teknik analisis dan interpretasi data penelitian dengan melalui tiga tahapan yaitu; reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan keabsahan data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Tradisi Mappalelo Cakkuriri mulai dari awal sampai akhir, menunjukkan bahwa antara setiap tahap-tahap upacara adat saling berkaitan satu sama lain. Tradisi Mappalelo Cakkuriri tidak bertentangan dengan ajaran Islam karena merupakan tradisi budaya turun temurun yang dilaksanakan masyarakat Puttada. Tradisi Mappalelo Cakkuriri adalah salah satu bentuk upacara adat masyarakat Sendana dilaksanakan di Desa Puttada yang dilakukan secara turun temurun dari nenek moyang mereka, yaitu dengan cara memperingati dan mengingat kembali sejarah perjuangan kerajaan Sendana serta meminta kepada roh nenek moyang dengan tujuan untuk meningkatkan spiritual. Pesan spiritual Mappalelo Cakkuriri pada masayarakat Puttada memberikan kekuatan hubungan Tuhan, Alam, dan makhluk hidup. makna Pesan spiritual appalelo Cakkuriri mengandung unsur kemanusiaan seperti gotong royong, tolong menolong, musyawarah, hidup rukun, silaturahim.

Kata Kunci : Makna, Budaya, Tradisi, Mappalelo Cakkuriri.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Meaning, Culture, Tradition, Mappalelo Cakkuriri
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:44
Last Modified: 22 Mar 2024 06:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30438

Actions (login required)

View Item
View Item