PENGARUH KEBOSANAN KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT BANK CENTRAL ASIA Tbk. KOTA MAKASSAR DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING = THE INFLUENCE BETWEEN BOREDOM AND WORKLOAD TO EMPLOYEE PERFORMANCE PT BANK CENTRAL ASIA MAKASSAR WITH JOB SATISFACTION AS INTERVENING VARIABLE


Tasbih, Faisal (2023) PENGARUH KEBOSANAN KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT BANK CENTRAL ASIA Tbk. KOTA MAKASSAR DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING = THE INFLUENCE BETWEEN BOREDOM AND WORKLOAD TO EMPLOYEE PERFORMANCE PT BANK CENTRAL ASIA MAKASSAR WITH JOB SATISFACTION AS INTERVENING VARIABLE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012221055_tesis_03-10-2023 cover1.png

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012221055_tesis_03-10-2023 1-2.pdf

Download (752kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012221055_tesis_03-10-2023 dp.pdf

Download (505kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012221055_tesis_03-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK FAISAL TASBIH. Pengaruh Kebosanan Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT Bank Central Asia Tbk. Kota Makassar dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening (dibimbing oleh H. Muh. Yunus Amar dan Hj. Nurdjannah Hamid) PT. Bank Central Asia, Tbk dalam usaha pencapaian tujuanya mengharapkan seluruh karyawan mampu menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. Keinginan tersebut dapat dicapai bila karyawan memiliki kinerja yang baik karna apabila karyawan memiliki kinerja yang buruk, mereka tidak akan mencapai tujuan yang diharapkan karena kinerja dapat mempengaruhi kualitas output pekerjaan yang dilakukan. Keberhasilan yang dicapai dari sebuah bank bisa dilihat dari segi aset yang dimiliki. Salah satu aset yang paling penting dari sebuah bank adalah kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebosanan kerja dan beban kerja terhadap kinerja melalui kepuasan kerja sebagai variable intervening. Metode penelitian menggunakan rancangan studi cross-sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2023 di PT Bank Central Asia Tbk. Kota Makassar. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 81 responden yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Kinerja diukur dengan mengisi kuesioner, kebosanan kerja diukur dengan kuesioner Lee’s Job, beban kerja diukur dengan skala likert, dan kepuasan kerja diukur dengan mengisi kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan path analysis melalui aplikasi AMOS versi 26. Hasil uji multivariat dengan path analysis menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa jalur pengaruh langsung kebosanan kerja terhadap kinerja memiliki p-value 0,009 < 0,05 yang artinya bahwa kebosanan kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja, jalur pengaruh tidak langsung kebosanan kerja terhadap kinerja melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening memiliki p-value 0,030 < 0,05 yang artinya bahwa kebosanan kerja berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Jalur pengaruh langsung beban kerja terhadap kinerja memiliki p-value 0,007 < 0,05 yang artinya bahwa beban kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja, jalur pengaruh tidak langsung beban kerja terhadap kinerja melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening memiliki p-value 0,012 < 0,05 yang artinya bahwa beban kerja berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi Kinerja Karyawan.

Keywords : Kinerja, Kebosanan Kerja, Beban Kerja, Kepuasan Kerja, Karyawan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Performance, Boredom, Workload, Job satisfaction, Employees
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:40
Last Modified: 20 Mar 2024 01:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30346

Actions (login required)

View Item
View Item