Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dan Brainstorming terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas XI SMAN 28 Bone Sulawesi Selatan = The Effect Of Application Of Mind Mapping And Brainstorming Learning Models On The Results Of Learning To Write Procedure Text Students Of Class Xi Sman 28 Bone South Sulawesi


Muliati, Muliati (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dan Brainstorming terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas XI SMAN 28 Bone Sulawesi Selatan = The Effect Of Application Of Mind Mapping And Brainstorming Learning Models On The Results Of Learning To Write Procedure Text Students Of Class Xi Sman 28 Bone South Sulawesi. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F032211015_tesis_06-02-2023 cover1.png

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F032211015_tesis_06-02-2023 1-2.pdf

Download (947kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F032211015_tesis_06-02-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F032211015_tesis_06-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 November 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini yaitu; 1) menguji pengaruh model pembelajaran mind mapping dan brainstorming terhadap hasil belajar menulis teks prosedur, dan 2) membandingkan pengaruh dua model pembelajaran, yaitu Mind Mapping dan Brainstorming terhadap hasil belajar menulis teks prosedur pada siswa kelas XI SMAN 28 Bone, Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen tipe kuasi dengan pretest-postest control grup design. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak dalam dua kelas yang masing-masing berjumlah 20 orang. Analisis data menggunakan teknik statistik deskritif dan inferensial. Hasil penelitian membutikan bahwa; 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar menulis teks prosedur pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 28 Bone. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai p = 0,000 yang kurang dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima; 2) Terdapat pengaruh model Brainstorming terhadap hasil belajar menulis teks prosedur pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 28 Bone. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai p = 0,000 yang kurang dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima; 3) Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Mind Mapping dan pengaruh model Brainstorming terhadap hasil belajar menulis teks prosedur pada siswa kelas XI IPA 1 dan 2 SMA Negeri 28 Bone. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai p = 0,013 yang kurang dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Keywords : model pembelajaran; mind mapping, brainstorming, hasil belajar, menulis, teks prosedur

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: learning model; mind mapping, brainstorming, learning outcomes, writing, procedure text
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:50
Last Modified: 18 Mar 2024 06:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30265

Actions (login required)

View Item
View Item