ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM RUBRIK COFFEE BREAK HARIAN FAJAR : SEBUAH KAJIAN SOSIOLINGUISTIK = CODE SWITCHING AND CODE MIXING IN FAJAR DAILY COFFEE BREAK RUBRIC : A SOCIOLINGUISTIC STUDY


Al Hafsi, Al Hafsi (2023) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM RUBRIK COFFEE BREAK HARIAN FAJAR : SEBUAH KAJIAN SOSIOLINGUISTIK = CODE SWITCHING AND CODE MIXING IN FAJAR DAILY COFFEE BREAK RUBRIC : A SOCIOLINGUISTIC STUDY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F032201004_tesis_03-05-2023 cover1.jpg

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F032201004_tesis_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F032201004_tesis_03-05-2023 dp.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
F032201004_tesis_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK AL HAFSI. Alih Kode dan Campur Kode dalam Rubrik Coffee Break Harian Fajar : Sebuah Kajian Sosiolinguistik (dibimbing oleh Tadjuddin Maknun dan Gusnawaty). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk lingual alih kode dan campur kode, makna sosial dan konteks alih kode dan campur kode dan faktor penyebab penggunaan alih kode dan campur kode dalam rubrik Coffee Break harian Fajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah semua penggunaan bahasa dalam rubrik berupa kata, frasa, klausa dan kalimat yang termasuk dalam kategori alih kode dan campur kode pada rubrik Coffee Break harian Fajar. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan menggunakan teknik sadap dan teknik catat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk lingual alih kode pada rubrik coffee break yaitu terdapat bentuk lingual ragam bahasa Makassar ke bahasa Bugis, bentuk lingual ragam bahasa Bugis ke bahasa Makassar, bentuk lingual bahasa Indonesia ke bahasa/logat Makassar dan bentuk lingual bahasa Indonesia ke bahasa/logat timur. Sedangkan bentuk lingual campur kode dalam rubrik coffee break yaitu terdapat berupa wujud campur kode kata, frasa dan klausa. Sedangkan makna sosial atau konteks dalam rubrik coffee break ditemukan yaitu bentuk lingual fungsi untuk menegaskan atau meyakinkan dan fungsi mengakrabkan atau menyantaikan pembicaraan. Adapun faktor yang menyebabkan penggunaan alih kode dan campur kode dalam rubrik coffee break yaitu penutur, lawan tutur, perubahan informal ke formal, faktor sosial, modernisasi, pendekatan dengan pembaca, dll.

Kata Kunci : Rubrik coffee break, alih kode, campur kode

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Rubrik Coffee Break, Alih Kode, Campur Kode
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Indonesia
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 18 Mar 2024 01:59
Last Modified: 18 Mar 2024 01:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30240

Actions (login required)

View Item
View Item