NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM KHUTBAH ‘UMAR BIN AL-KHATHTHAB = Islamic values in the sermon of 'Umar bin al-Khaththab


Nurfaradina, Nurfaradina (2022) NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM KHUTBAH ‘UMAR BIN AL-KHATHTHAB = Islamic values in the sermon of 'Umar bin al-Khaththab. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F031181001_skripsi_02-01-2023 cover1.png

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F031181001_skripsi_02-01-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F031181001_skripsi_02-01-2023 dp.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F031181001_skripsi_02-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 November 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

(Nurfaradina. 2022. Nilai-nilai keislaman dalam khutbah ‘Umar bin al-Khaththab. Skripsi. Jurusan Sastra Arab. Dapertemen Sastra Asia Barat. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Hasanuddin. Pembimbing 1 Haeriyyah, S. Ag., M.Pd.I. dan pembimbing 2 Ilham Ramadhan, S.S, M.A.)
Skripsi ini merupakan analisis terhadap Nilai-nilai keislaman dalam khutbah ‘Umar bin al-Khaththab. Nilai keislaman adalah nilai yang berhubungan dengan agama, keimanan seseorang dan tanggapan seseorang terhadap nilai yang diyakini serta tindakan manusia yang memancarkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Nilai-nilai keislaman dalam khutbah ‘Umar bin al-Khaththab adalah hal yang sangat istimewa untuk perlu dikaji secara mendalam. Hal itu karena dalam khutbah ‘Umar bin al-Khaththab akan banyak ditemukan nilai-nilai keislaman yang sangat mengedukasi bagi pembaca dan sangat membina. Sehingga nilai-nilai keislaman berupa akidah, ibadah, akhlak menjadi hal yang sangat penting untuk ditampilkan dan diperkenalkan.
Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode kajian pustaka. Adapun metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu teknik baca dan catat. Sedangkan, teknik analisis yang digunakan adalah content analysis. Teknik baca dilakukan dengan membaca kemudian dapat memahami dan mengetahui keseluruhan dalam khutbah ‘Umar bin al-Khaththab. Sedangkan analisis data menggunakan metode deskriptif analisis yaitu memberikan gambaran data yang jelas sesuai data yang ada.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai keislaman yang terkandung dalam khutbah ‘Umar bin al-Khaththab mencakup: (1). Nilai Akidah meliputi Iman kepada Allah, Iman kepada Para Malaikat, Iman kepada Kitab Allah, Iman kepada Para Rasul, Iman kepada Hari Kiamat, Iman kepada Qadha dan Qadar. (2). Nilai Syariah meliputi shalat, berdzikir, berdo’a dan beramal dengan bersungguh-sungguh. (3). Nilai Akhlak meliputi Akhlak terhadap Allah, yaitu tauhid, taat, dan patuh. Akhlak Manusia terhadap sesama, yaitu tanggung jawab, adil, amanah, dan jujur.

Keywords : Nilai keislaman, Akidah, Syariah, Akhlak, Khutbah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Islamic values, Akidah, Sharia, Morals, Khutbah
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Asia Barat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Mar 2024 01:32
Last Modified: 18 Mar 2024 01:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30235

Actions (login required)

View Item
View Item