Karakterisasi dan Aplikasi Biodegradable Foam Berbasis Miselium Pleurotus ostreatus Untuk Pengemasan Buah Stroberi = Characterization And Application Biodegradable Foam Based Of Pleurotus ostreatus Mycelium For Strawberry Packaging


Yanti. T, Rahma (2023) Karakterisasi dan Aplikasi Biodegradable Foam Berbasis Miselium Pleurotus ostreatus Untuk Pengemasan Buah Stroberi = Characterization And Application Biodegradable Foam Based Of Pleurotus ostreatus Mycelium For Strawberry Packaging. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G032201001_tesis_11-08-2023 caver1.jpg

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G032201001_tesis_11-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (888kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G032201001_tesis_11-08-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G032201001_tesis_11-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 November 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Jamur tiram sebagai organisme saprofit mengambil nutrisi dengan mengagregasi limbah lignoselulosa melalui akar (miselium). Pertumbuhan jamur tiram dan sumber nutrisi lignoselulosa telah diteliti sebelumnya mampu menghasilkan komposit yang menyerupai busa kemasan. Namun penelitian dan pengembangan busa kemasan ini hanya diperuntukkan bagi bahan non pangan sehingga menarik untuk dikaji lebih lanjut pada fungsinya sebagai kemasan pangan. Stroberi diambil menjadi sampel penelitian karena memiliki umur simpan yang singkat, ukuran buah kecil dan memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap perubahan lingkungan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengkarakterisasi busa kemasan miselium dengan perlakuan media lignoselulosa (serbuk kayu, jerami padi, kapuk) dan ukuran partikel strain jamur (jagung, sorgum, gabah) serta kemampuannya mengemas buah stroberi selama 12 hari penyimpanan. Parameter pengujian karakteristik dan aplikasi busa kemasan terdiri dari uji SEM (morfologi), porositas, daya serap air, kadar air, warna, pH, kekerasan buah (tekstur) dan persentase kadar vitamin C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sampel terbuat dari serbuk kayu (P1) memberikan karakteristik kemasan terbaik karena struktur morfologinya lebih kokoh, persentase kadar air rendah dan lebih cepat terurai. Sedangkan tahap aplikasi menunjukkan jika buah stroberi mengalami perubahan fisik dan kimia dimana styrofoam dan kemasan memiliki hasil yang berbeda nyata pada parameter kekerasan dan perubahan pH buah. Sedangkan pada parameter perubahan warna dan persentase vitamin C hasilnya berbeda tidak nyata. Sehingga dapat disimpulkan bila kemasan miselium dapat dipertimbangkan untuk menjadi alternatif pengganti busa kemasan sintetis karena karakteristik sifatnya yang lebih mudah diurai (biodegradibility), terbuat dari bahan organik dan tidak merusak lingkungan.

Kata kunci: Biofoam, Biodegradable, Keamanan Pangan, Kontaminasi

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Biofoam, Biodegradable, Food Safety, Contamination
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Mar 2024 05:35
Last Modified: 14 Mar 2024 05:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30210

Actions (login required)

View Item
View Item