STRATEGI KESANTUNAN BERBAHASA PRANCIS DALAM FILM “COMME UN CHEF”: ANALISIS PRAGMATIK = STRATEGY OF FRENCH POLITENESS IN THE FILM “COMME UN CHEF”: PRAGMATIC ANALYSIS


Mutmainnah, Mutmainnah (2022) STRATEGI KESANTUNAN BERBAHASA PRANCIS DALAM FILM “COMME UN CHEF”: ANALISIS PRAGMATIK = STRATEGY OF FRENCH POLITENESS IN THE FILM “COMME UN CHEF”: PRAGMATIC ANALYSIS. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F012191003_tesis_02-01-2023 cover1.png

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F012191003_tesis_02-01-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F012191003_tesis_02-01-2023 dp.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F012191003_tesis_02-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 November 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

MUTMAINNAH. Strategi kesantunan berbahasa Prancis dalam film ‘Comme un Chef’: Analisis Pragmatik (dibimbing oleh Andi Faisal dan Gusnawaty)

Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi berbahasa dan fitur linguistik yang mencakup sapaan nonformal, modus, dan fungsi berbahasa dalam film Comme un Chef karya Daniel Cohan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Sumber data yaitu tuturan yang memenuhi kesantunan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode simak dengan mengamati dan mencatat secara sistematif. Teori yang digunakan adalah teori kesantunan berbahasa Brown & Levinson yang fokus pada lima strategi, yaitu : Bald-on Record Strategy (strategi terus terang), Positive Politeness Strategy (strategi kesantunan positif/keakraban), Negative Politeness Strategy (strategi kesantunan negatif/formal), Off-record politeness strategy (strategi samar-samar), dan Silent Strategy ( strategi diam). Hasil penelitian menunjukkan strategi kesantunan positif lebih dominan digunakan daripada strategi kesantunan yang lainnya, yaitu strategi kesantunan terus terang, strategi kesantunan negatif, strategi kesantunan samar-samar, dan strategi diam. Setelah menggunakan teori Brown & Levinson, ditemukan kelemahan ketika dianalisis dalam bahasa Prancis. Penggunaan teori ini hanya melihat dari konteks pembicaraan, sehingga tidak terlihat dari konteks bahasa Prancis. Selain melihat dari aspek pembicaraan dalam teori tersebut, aspek bahasa juga yang menentukan agar tuturan santun dan tidak santun dalam bahasa Prancis dapat terlihat. Penggunaan teori Brown & Levinson dalam film Comme un Chef diperkuat dengan menggunakan fitur linguistik yang terkait dengan kesantunan yaitu sapaan formal lebih mendominasi ketika berkomunikasi. Lalu, modus indicatif yang banyak ditemmukan dalam tuturan dan fungsi bahasa yang lebih sering ditemukan yaitu referensial.

Keywords : strategi kesantunan, fungsi bahasa, kesantunan bahasa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Politeness strategy, Language function, Language politeness
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Linguistik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:19
Last Modified: 13 Mar 2024 04:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30162

Actions (login required)

View Item
View Item