Komposisi Teks La Galigo Episode Malleleang Raunna La Worokelling di Kabupaten Wajo = Composition in Text La Galigo Episode Malleleang Raunna La Worokelling in Wajo Regency


Suriadi, Nur Kamila (2022) Komposisi Teks La Galigo Episode Malleleang Raunna La Worokelling di Kabupaten Wajo = Composition in Text La Galigo Episode Malleleang Raunna La Worokelling in Wajo Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F012172005_tesis_21-10-2022 cover1.png

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F012172005_tesis_21-10-2022 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F012172005_tesis_21-10-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F012172005_tesis_21-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 November 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Nur Karmila Suradi. 2022. Komposisi Teks La Galigo Episode Malleleang Raunna La Worokelling di Kabupaten Wajo (Dibimbing Oleh Nurhayati Rahman dan Andi Muhammad Akhmar)

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis corak komposisi Data dan cerita dalam setiap penyampaian cerita La Galigo episode Malleleang Raunna La Worokelling ditengah khalayak Masyarakat Bugis di Kabupaten Wajo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi Pustaka, Wawancara, dan Pengamatan. Dalam pengelolahan data, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini menggambarkan langsung masalah penelitian tentang komposisi dalam konteks Spesifik Penyampaian La Galigo Episode Malleleang Raunna La Worokelling.
Berdasarkan hasil penelitan dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat dua bentuk komposisi bahasa dalam naskah La Galigo Episode Malleleang Raunna La Worokelling, yakni bentuk majemuk yang unsur pertamanya menjadi pusat atau diterangkan oleh unsur penjelas atau menerangkan dan bentuk majemuk yang unsur-unsurnya tidak saling menerangkan, tetapi hanya berupa rangkaian yang sejajar atau kopulatif. Makna komposisi bahasa dalam naskah tidak bergantung dengan makna unsur yang membentuknya. Hal itu dikarenakan komposisi itu membentuk makna baru yang tidak sama dengan makna aslinya. Bentuk yang timbul dari proses komposisi bahasa Bugis dalam naskah La Galigo Episode Malleleang Raunna La Worokelling di Kabupaten Wajo ada lima, yaitu komposisi membentuk benda, komposisi membentuk kerja, komposisi membentuk sifat, komposisi membentuk keterangan, dan komposisi membentuk persona.

Keywords : Komposisi, Naskah, La Galigo, Kabupaten Wajo.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Composition, Manuscript, La Galigo, Wajo Regency.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Linguistik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Mar 2024 03:18
Last Modified: 13 Mar 2024 03:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30159

Actions (login required)

View Item
View Item