GAMBARAN PERILAKU MEROKOK PADA MAHASISWA LAKI-LAKI VOKASI KESEHATAN ASMAT UNIVERSITAS HASANUDDIN = DESCRIPTION OF SMOKING BEHAVIOR IN MALE STUDENTS OF ASMAT HEALTH VOCATIONAL AT HASANUDDIN UNIVERSITY


Kafiar, Chiristina Yunita (2023) GAMBARAN PERILAKU MEROKOK PADA MAHASISWA LAKI-LAKI VOKASI KESEHATAN ASMAT UNIVERSITAS HASANUDDIN = DESCRIPTION OF SMOKING BEHAVIOR IN MALE STUDENTS OF ASMAT HEALTH VOCATIONAL AT HASANUDDIN UNIVERSITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K11115720_skripsi_30-12-2022 cover1.png

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K11115720_skripsi_30-12-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K11115720_skripsi_30-12-2022 dp.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K11115720_skripsi_30-12-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Merokok merupakan masalah yang belum bisa terselesaikan hingga saat ini. Merokok sudah melanda berbagai kalangan baik remaja, dewasa, orang tua, bahkan anak kecil sudah ada yang merokok. Dewasa ini mahasiswa memiliki peran sebagai agen perubah dan pengontrol sosial sudah sepatutnya memiliki kekuatan moral dan menjadi contoh bagi masyarakat umum. Perilaku merokok pada mahasiswa masih tinggi terbukti dari berbagai penelitian yang pernah dilakukan. Survei yang pernah dilakukan di Universitas Hasanuddin menunjukkan bahwa mahasiswa yang merokok sebesar 49%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku merokok pada mahasiswa laki-laki Vokasi Kesehatan Asmat Universitas Hasanuddin. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian adalah mahasiswa laki-laki Vokasi Kesehatan Asmat Universitas Hasanuddin yang berjumlah 71 orang mahasiswa.
Hasil analisis data pada penelitian ini yaitu gambaran mengenai perilaku merokok menunjukkan bahwa mahasiswa Vokasi Kesehatan Asmat Universitas Hasanuddin yang berperilaku merokok sebesar 59 orang atau 83,10%. Mahasiswa laki-laki Vokasi Kesehatan Asmat Universitas Hasanuddin rata-rata memiliki tipe perokok sedang dengan menghabiskan rokok sebanyak 5-14 batang dalam sehari, sedangkan usia merokok rata-rata berkisar 16-8 tahun dengan rata-rata lamanya merokok 3-5,9 tahun selain itu umumnya tempat merokok mahasiswa adalah di tempat umum dan ditempat khusus. Tingkat pengetahuan mahasiswa akan bahaya merokok sudah tergolong tinggi dimana umumnya mahasiswa yang merokok telah menyadari bahwa merokok dapat menyebabkan resiko seperti kecanduan, kanker, impotensi, sakit paru, sakit jantung dan batuk batuk. Hasil analisis pengamatan pada penelitian ini mengenai faktor yang mempengaruhi perilaku merokok, dimana pada penelitian ini diperoleh temuan faktor seperti teman, kepribadian dan iklan merokok mempengaruhi mahasiswa laki-laki Vokasi Kesehatan Asmat Universitas Hasanuddin untuk merokok sedangkan faktor orang tua dianggap tidak dapat mempengaruhi perilaku mahasiswa laki-laki Vokasi Kesehatan AsmatUniversitas Hasanuddin untuk merokok.

Kata Kunci: orang tua, teman, pribadi, iklan, perilaku merokok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: parent, friend, personal, advertising, smoking behavior
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 20 Feb 2024 00:32
Last Modified: 20 Feb 2024 00:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30157

Actions (login required)

View Item
View Item