Febrianty, Eva (2023) Pengaruh Diabetes Self Management Education (DSME) Melalui Kalender Terhadap Kepatuhan Manajemen Perawatan Diri Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Puskesmas Tamalanrea Jaya = Effect of Diabetes Self Management Education (DSME) through Calendar on Self-Care Management Compliance of Type 2 Diabetes Mellitus Patients in Tamalanrea Jaya Public Health. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
R011191135_skripsi_17-10-2023 cover1.png
Download (177kB) | Preview
R011191135_skripsi_17-10-2023 1-2.pdf
Download (598kB)
R011191135_skripsi_17-10-2023 dp.pdf
Download (3MB)
R011191135_skripsi_17-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 November 2025.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang: Diabetes melitus (DM) merupakan salah satu penyakit kronis tidak menular dengan prevalensi yang meningkat setiap tahunnya. Pasien DM berpotensi mengalami komplikasi apabila tidak mengontrol kadar gula darahnya. Oleh karena itu, pentingnya peran tenaga kesehatan dalam meningkatkan perawatan diri dengan pemberian edukasi menggunakan metode yang lebih baik. Penggunaan media kalender dalam pemberian DSME membantu pencapaian tujuan kontrol gula darah pada pasien DM.
Tujuan: Mengetahui pengaruh DSME melalui kalender terhadap kepatuhan manajemen perawatan diri pasien diabetes melitus tipe 2 (DMT2).
Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan quasy eksperimental dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari 30 pasien DMT2 di Puskesmas Tamalanrea Jaya yang dipilih menggunakan purposive sampling technique. Sampel dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok intervensi (DSME melalui kalender) dan kelompok kontrol (edukasi melalui leaflet). Intervensi DSME melibatkan sesi edukasi mengenai manajemen perawatan diri yang disampaikan melalui kalender berisi informasi penting tentang pengobatan, pola makan, aktivitas fisik, perawatan kaki, dan pemantauan gula darah. Intervensi leaflet berisi edukasi konsep dasar dan penatalaksanaan diabetes melitus. Penelitian dilakukan dengan dua tahap yaitu pertama pemberian intervensi dan kedua follow up. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test, uji wilcoxon, dan uji mann-whitney untuk mengetahui perbedaan kepatuhan manajemen perawatan diri sebelum dan setelah pemberian intervensi.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam tingkat kepatuhan pasien di kedua kelompok setelah intervensi. Namun, kelompok intervensi yang menerima DSME melalui kalender menunjukkan peningkatan kepatuhan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol.
Kesimpulan: penggunaan kalender sebagai media edukasi membantu pasien DMT2 untuk lebih patuh dalam menjalankan manajemen perawatan diri.
Keywords : Diabetes Self-Management Education, media kalender, manajemen perawatan diri, diabetes melitus tipe 2
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diabetes Self-Management Education, calendar media, type 2 diabetes mellitus self-care management |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 01:10 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 01:10 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30152 |