Model Purchase Intention terhadap Pelayanan Rumah Sakit berbasis Nilai Syariah Islam di Kota Makassar = Purchase Intention Model For Hospital Services Based On Islamic Sharia Values In Makassar City


Anggraeni, Rini (2023) Model Purchase Intention terhadap Pelayanan Rumah Sakit berbasis Nilai Syariah Islam di Kota Makassar = Purchase Intention Model For Hospital Services Based On Islamic Sharia Values In Makassar City. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K013172005_disertasi_13-10-2023 caver1.jpg

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K013172005_disertasi_13-10-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K013172005_disertasi_13-10-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K013172005_disertasi_13-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 November 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Abstrak Rini Anggraeni. Model Purchase Intention terhadap Pelayanan Rumah Sakit berbasis Nilai Syariah Islam di Kota Makassar. (Di Bimbing oleh Veni Hadju, Syahrir A. Pasinringi dan Suriah) Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim menunjukkan tingginya permintaan akan produk atau jasa yang dipengaruhi oleh nilai-nilai Islam. Rumah sakit dengan layanan nilai syariah Islam menjadi kebutuhan bagi masyarakat muslim di Indonesia, namun jumlah rumah sakit khususnya yang memiliki layanan sesuai nilai syariah Islam belum banyak tersedia. Dibutuhkan penelitian terkait niat konsumen untuk memanfaatkan layanan syariah Islami pada rumahsakit. Penelitian ini menemukan model purchase intention terhadap pelayanan rumah sakit berbasis nilai syariah Islam di kota makassar. Penelitian ini dilakukan di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan dan merupakan penelitian eksplanatoris dengan desain cross sectional, menggunakan metode deskriptif dan survey. Penentuan sampel berdasarkan populasi seluruh penduduk Kota Makassar pada Suku Bugis dan Makassar berumur lebih dari 17 tahun, menggunakan tehnik simple random sampling, terpilih 970 sampel. Analisis data menggunakan inner dan outer model Smart-PLS. Hasil dari analisis penelitian menunjukkan nilai hubungan langsung yang kuat pada α = 0,05, parameter yang memiliki nilai tsebesar 1,96 dapat dinyatakansebagai indikator yang signifikan dan valid.) yaitu pada indikator nilai konsumen, atribut layanan Islami, trust, terhadap perceived value, serta perceived value terhadap purchase intention pada Suku Makassar, untuk Suku Bugis pada variabel atribut layanan Islami menunjukkan hubungan yang tidak signifikan terhadap perceived value. Kedua Suku memperlihatkan hasil uji Trust yang tidak mempunyai hubungan langsung terhadap purchase intention. Tetapi terdapat hubungan tidak langsung trust melalui perceived value terhadap purchase intention.Pengembangan model purchase intention dengan penambahan variabel atribut layanan Islami dan dimensi Nilai Budaya pada niat konsumen dalam memanfaatkan layanan rumah sakit berbasis nilai syariah Islam dapat memprediksi perilaku membeli masyarakat dan menjadi kajian baru dalam memahami keinginan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Kota Makassar.

Keywords : purchase intention, rumah sakit, nilai syariah Islam

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Purchase Intention, Hospitals, Islamic Sharia-Based Values
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 Mar 2024 06:02
Last Modified: 08 Mar 2024 06:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30114

Actions (login required)

View Item
View Item