Karakteristik dan Hubungan Perilaku PSN 3M Plus dengan Keberadaan Larva Aedes di Pondok Pesantren Immim Putra Kota Makassar = Characteristics and Behavioral Relationships of PSN 3M Plus with the Presence of Aedes Larvae at the Immim Putra Islamic Boarding School in Makassar City


Yusuf, Widia Meilia (2023) Karakteristik dan Hubungan Perilaku PSN 3M Plus dengan Keberadaan Larva Aedes di Pondok Pesantren Immim Putra Kota Makassar = Characteristics and Behavioral Relationships of PSN 3M Plus with the Presence of Aedes Larvae at the Immim Putra Islamic Boarding School in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011191023_skripsi_13-10-2023 caver1.jpg

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011191023_skripsi_13-10-2023 bab 1-2.pdf

Download (975kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011191023_skripsi_13-10-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011191023_skripsi_13-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 October 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) adalah sebuah gerakan untuk memberantas sarang nyamuk dengan melakukan 3M Plus terdiri dari menguras, menutup, dan mengubur. Plus artinya di sini adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti: Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan,menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur.Perilaku PSN 3M Plus harus dimiliki oleh semua guru atau pengajar di instansi pendidikan. Kyai atau guru memiliki peran paling penting dalam suatu pesantren sebagai pemimpin dan pengajar pesantren. Nilai kepesantrenan banyak tergantung pada perilaku guru sebagai suri teladan dalam tata nilai pesantren,termasuk perilaku mereka mengenai PSN 3M Plus.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan hubungan perilaku guru tentang PSN 3M Plus dengan Keberadaan larva Aedes di Pondok Pesantren Immim Putra Kota Makassar. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan observasional analitik menggunakan rancangan cross sectional study digunakan digunakana dalam penelitian ini. Unit sampling dalam penelitian ini adalah rumah tempat tinggal guru di lingkungan Pondok Pesantren Immim Putra yang berjumlah 30 orang dan dipilih secara ekshaustive sampling. Selanjutnya, pemilik rumah yang berstatus sebagai guru direkrut sebagai responden dalam penelitian ini. Karakteristik perilaku responden dan semua jenis kontainer atau wadah berisi air yang berpotensi sebagai tempat perindukan nyamuk Aedes yang ada di dalam dan di luar rumah responden selanjutnya dijadikan sebagai unit analisis. Uji statistik menggunakan fisher-exact test digunakan untuk menganalisis hubungan antara karakteristik perilaku responden tentang PSN 3M Plus dengan keberadaan larva Aedes di lokasi penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis wadah atau kontainer yang paling banyak ditemukan adalah ember sebanyak 34 buah (80,9%) dan yang paling sedikit adalah gelas plastik bekas sebanyak 2 buah (4,8%).Meskipun jumlahnya paling sedikit, gelas plastik bekas ini seluruhnya ditemukan larva Aedes. Sebanyak 28 responden (93,3%) yang memiliki pengetahuan cukup, 26 responden (86,7%) dengan sikap positif dan 27 responden (90%) dengan tindakan positif. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa Pengetahuan (p=0,002), Sikap (p=0,014) dan Tindakan (p=0,007) mengenai PSN 3M Plus merupakan faktor yang berhubungan dengan Keberadaan Larva Aedes di Pondok Pesantren Immim Putra Kota Makassar.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah ada hubungan antara pengetahuan, sikap dan tindakan guru tentang PSN 3M Plus dengan keberadaan larva Aedes di Pondok Pesantren Immim Putra Kota Makassar. Guru maupun murid yang tinggal di Pondok Pesantren hendaknya selalu menerapkan PSN 3M Plus untuk mencegah terjadinya risiko penyebaran penyakit DBD di wilayah Pondok Pesantren Immim Putra Kota Makassar.

Kata Kunci : Perilaku,Guru,PSN,Aedes

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aedes,Teachers, Behavior
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Mar 2024 06:35
Last Modified: 05 Mar 2024 06:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30015

Actions (login required)

View Item
View Item