Komodifikasi Aidoru (アイドル) Jepang Pada Periode 1980-1992 = Commodification of Japanese Aidoru (アイドル) through Anime in the 1980-1992 period


Basitulwasiah, Muhammad Abduh (2023) Komodifikasi Aidoru (アイドル) Jepang Pada Periode 1980-1992 = Commodification of Japanese Aidoru (アイドル) through Anime in the 1980-1992 period. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F91116305_skripsi_01-08-2023 cover1.png

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F91116305_skripsi_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F91116305_skripsi_01-08-2023 dp.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F91116305_skripsi_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 October 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Muhammad Abduh Basitul Wasiah . “Komodifikasi Aidoru (アイドル) Jepang Melalui Anime Pada Periode 1980 – 1992”. Skripsi Sarjana Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Hasanuddin, Makassar, 2023. Dibimbing oleh Rudy Yusuf, S.S., M.Phil. dan Meta Sekar Pudjiastuti SS, M.A., PhD.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah perkembangan aidoru di Jepang, korelasi antara Tie-up dan anime untuk memasarkan aidoru, dan tantangan dalam komidifikasi aidour di era digital dewasa ini. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui studi pustaka dan penelusuran melalu media digital. Proses analisis data dilakukan dengan menerapkan teknik representasi aidoru yang akan menjadi subjek analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat kuadran dalam relasi antara tie-up dengan anime dalam memasarkan Aidoru, yaitu, yaitu (1) Anime yang sukses secara rating, box office dan single lagu tema yang dipergunakan, (2) Anime yang sukses secara rating dan box office, tetapi penjualan single lagu tema tidak signifikan, (3) Anime yang tidak sukses secara rating dan box office, tetapi penjualan single lagu tema sukses secara signifikan, dan (4) Anime yang tidak sukses secara rating dan box office serta penjualan single lagu tema tidak sukses secara signifikan. Kesuksesan atau ketidak suksesan tie-up dengan anime disebabkan karena perubahan-perubahan selera para penggemar seiring dengan perubahan budaya popular masyarakat Jepang. Di era digital ini menuntut agar lagu dengan anime dalam promosi silang keduanya menyesuaikan dengan perkambangan budaya populer serta teknologi digital yang berkembang di masyarakat.

Kata Kunci: Komodifikasi, tie-up, anisong, Aidoru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Commodification, tie-up, anisong, Aidoru.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Feb 2024 07:41
Last Modified: 19 Feb 2024 07:41
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29950

Actions (login required)

View Item
View Item