SAINUDDIN, SAINUDDIN (2020) MODEL HUBUNGAN PERSAMAAN ANTARA KECEPATAN, KEPADATAN DAN VOLUME LALU LINTAS RUAS JALAN ARTERI PRIMER KABUPATEN GOWA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
19_D012171011_Tesis_Cover1.jpg
Download (3kB) | Preview
19_D012171011_Tesis(FILEminimizer) ... ok 1-2.pdf
Download (792kB)
19_D012171011_Tesis(FILEminimizer) ... ok dapus-lam.pdf
Download (225kB)
19_D012171011_Tesis(FILEminimizer) ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
SAINUDDIN. Model Hubungan Persamaan Antara Kecepatan, Kepadatan Dan Volume Lalu Lintas Ruas Jalan Arteri Primer Kab. Gowa (dibimbing oleh Dr. Ir. Syafruddin Rauf, MT. dan Dr. Ir. Hj. Sumarni Hamid Aly., MT).
Transportasi merupakan suatu hal yang penting dan melekat dalam segala aktivitas masyarakat, berpengaruh terhadap setiap orang baik langsung maupun tidak langsung. Permasalahan lalu lintas jalan raya merupakan suatu permasalahan yang kompleks dalam dunia transportasi darat terutama transportasi perkotaan. Tujuan dalam penelitian ini antara lain adalah : (1) menganalisis karakteristik arus lalu lintas di ruas jalan arteri primer Kabupaten Gowa. (2) menganalisis hubungan model matematis dan grafis dari jalan arteri primer Kabupaten Gowa dengan menggunakan model terbaik dengan model Geenshield, Greenberg, dan Underwood.
Lokasi penelitian ini berada di Jalan Arteri Primer Sultan Hasanuddin Kabupaten Gowa. Dari ruas jalan tersebut dibagi menjadi tiga titik penelitian yaitu diawal ruas, ditengah dan diakhir ruas jalan tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan, karakteristik arus lalu lintas Jalan Sultan Hasanuddin dimana pada titik 3 menjadi arus lalu lintas yang paling padat dengan ruas arah Gowa - Makassar 2697 smp/jam, kecepatan rata-rata 14.03 km/jam dengan nilai kepadatan 192.26 dan nilai kapasitas 2437.89 smp/jam. Model terbaik dari data hasil survei lapangan adalah model eksponensial Underwood untuk kondisi dibawah nilai kepadatan macet (D). Hal tersebut berdasarkan nilai determinasi (R2) = 0.96 yang terbaik, bila dibandingkan dengan model lainnya.
Kata Kunci: Metode Greenshield, Metode Greenberg, Metode Underwood, Kecepatan arus lalu lintas , Kepadatan lalu lintas
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 04 Mar 2021 06:30 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:51 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2991 |