POLA PENEMPATAN BANGUNAN PERKANTORAN MASA KOLONIAL BELANDA DI KABUPATEN MAROS = The Pattern of Placement of Colonial Office Buildings in Maros Regency


JANUARTI, ANDI NURUL AFIZHA (2020) POLA PENEMPATAN BANGUNAN PERKANTORAN MASA KOLONIAL BELANDA DI KABUPATEN MAROS = The Pattern of Placement of Colonial Office Buildings in Maros Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
skripsi andi nurul afizha.pdf

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Andi Nurul Afizha Januarti, “Pola Penempatan Bangunan Perkantoran Masa Kolonial Belanda Di Kabupaten Maros”, dibimbing Oleh Anwar Thosibo, dan Yusriana.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bangunan perkantoran yang didirikan pada masa Kolonial Belanda di Kabupaten Maros dan bentuk pola penempatan bangunan. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data pustaka dan data lapangan dengan menggunakan analisis dibuatkan peta khusus dengan memberikan warna sebagai tanda untuk penggambaran keruangan bangunan tersebut. Setelah itu dilakukan analisis spasial atau keruangan untuk melihat penempatan bangunan perkantoran, apakah berkelompok, menyebar rata, acak, linear, padat jarang dan sebagainya. Hasilnya akan dihubungkan dengan analisis keruangan bangunan tersebut, dan nantinya dalam kesimpulan pola penempatan bangunan perkantoran akan tergambar penempatannya pada pola ruang tertentu. Keberadaan bangunan kolonial Belanda di Kabupaten Maros tidak terlepas dari peranan bangsa Belanda saat menguasai Kabupaten Maros awal abad ke-18 hingga pertengahan abad ke-20. Dalam kurun waktu tersebut, Belanda mendirikan berbagai jenis bangunan untuk memenuhi berbagai kebutuhannya di masa itu, dimana bangunan tersebut terdiri atas bangunan perkantoran, bangunan pertahanan dan keamanan, bangunan keagamaan, bangunan pendidikan, dan bangunan rumah tinggal. Penelitian tentang Pola Penempatan Bangunan Perkantoran Masa Kolonial Belanda Di Kabupaten Maros, mengacu pada satu kategori bangunan dari beberapa jenis bangunan kolonial peninggalan Belanda di Kabupaten Maros.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola penempatan bangunan perkantoran masa kolonial Belanda, berbentuk pola linier yang memanjang di sepanjang jalan yang letaknya strategis di pusat kota atau pusat pemerintahan berdasarkan daerah kekuasaan Belanda agar dapat mengontrol dari daerah arah Makassar-Bone maupun dari arah Makassar-Pangkep.

Kata Kunci: Pola Penempatan, Bangunan Perkantoran, Arkeologi Ruang, Maros

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Placement Pattern, Office Buildings, Archeology of Spaces, Maros
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Arkeologi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 19 Feb 2024 02:07
Last Modified: 19 Feb 2024 02:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29908

Actions (login required)

View Item
View Item