PEREMPUAN DALAM IKLAN OTOMOTIF : ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES = WOMEN IN AUTOMOTIVE ADVERTISEMENTS : ROLAND BARTHES SEMIOTIC ANALYSIS


Alfadilah, Restu Nurul (2023) PEREMPUAN DALAM IKLAN OTOMOTIF : ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES = WOMEN IN AUTOMOTIVE ADVERTISEMENTS : ROLAND BARTHES SEMIOTIC ANALYSIS. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F012191004_tesis_01-08-2023 caver1.jpg

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F012191004_tesis_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F012191004_tesis_01-08-2023 dp.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F012191004_tesis_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 October 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ALFADILAH RESTU NURUL. Perempuan dalam Iklan Otomotif: Analisis Semiotika Roland Barthes (dibimbing oleh Tadjuddin Maknun dan Muhammad Hasyim)

Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan makna denotasi dan konotasi pada proses penandaan perempuan dalam Iklan Otomotif; (2) menjelaskan relasi perempuan dengan produk Iklan Otomotif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat reflektif karena metode ini menempatkan peneliti dalam fungsinya sebagai subjek yang juga menggunakan metode observasi. Data dianalisis secara deskriptif interpretatif. Analisis data menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Makna denotatif yang terdapat pada keenam data produk iklan otomotif ini tidak jauh berbeda. Seluruh iklan menampilkan model perempuan cantik, memiliki tubuh yang ideal, kulit putih dan bersih. (2) Makna konotatif yang terdapat pada seluruh iklan otomotif mengacu pada kecantikan dan ekspresi wajah, kemolekan tubuh, keindahan rambut, gaya yang digunakan, dan cara berpose. Penggambaran ekspresi wajah dan cara berpose yang ditampilkan pada seluruh model perempuan dalam iklan otomotif berbeda, namun memiliki satu pemahaman yaitu tentang kecantikan dan ekspresi wajah, kemolekan tubuh, dan seluruh gaya yang dikonotatifkan memiliki hubungan dengan produk otomotif yang diiklankan. (3) Relasi perempuan dengan produk iklan otomotif pada dasarnya diidentikkan dengan keindahan. Pesona keindahan seorang perempuan ini dapat menarik semua perhatian semua jenis kelamin, baik itu laki-laki maupun perempuan. Perempuan dalam sebuah iklan pada dasarnya adalah sebuah daya tarik untuk khalayak agar tertarik pada iklan yang ditawarkan.

Keywords : perempuan, denotasi,konotasi, relasi, dan iklan otomotif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Woman, Denotation, Connotation, Relationship, and automotive advertisement
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Linguistik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Feb 2024 01:36
Last Modified: 16 Feb 2024 02:14
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29855

Actions (login required)

View Item
View Item