ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD MASOHI = Analysis of Service Quality on Inpatient Satisfaction at Masohi


Namakule, Muhammad Rum (2023) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD MASOHI = Analysis of Service Quality on Inpatient Satisfaction at Masohi. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K052211021_tesis_13-10-2023 caver1.jpg

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K052211021_tesis_13-10-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K052211021_tesis_13-10-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K052211021_tesis_13-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 October 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

MUHAMMAD RUM NAMAKULE, Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Masohi Tahun 2023 ( yang didampingi oleh Muhammad Alwi Arifin dan Amran Razak )
Latar Belakang ini Penelitian ini untuk analisis sejauh mana kepuasan pasien rawat inap dari dimensi reliability, assurance, tangible, empathy, dan responsiveness sehingga dapat menetukan prioritas layanan rawat, Penelitian ini dilaksakan terhadap pasien di RSUD MasohI selama bulan februari sampai bulan mareat 2023.
Metode yang digunakan adalah analisis deskritf kuantitatif dimana mengumpulkan data secara observasional menggunakan kuisiner dengan pendekatan cross sectional pada 100 sampel yang dipilih secara proporsional random sampling di RSUD Masohi.
Hasil penelitian menujukan bahwa sebanyak 67% responden menyatakan puas terhadap pelayanan pasien di RSUD Masohi. Dari hasil uji statistic diperoleh hasil bahwa variabel reliability (p=0.888) dan variabel assurance (p=0.649) tidak berpengaruh terhadap kepuasan. Sedangkan variabel tangible (p=0.041), variabel empati (p=0.023), dan variabel responsiveness (p=0.030) berpengaruh terhadap kepuasan.
Kesimpulan : Dimensi kehandalan dan jaminan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap sedangkan bukti fisik, empati dan daya tanggap berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap.

Kata kunci : Kepuasan pasien priritas pelayanan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Patient Satisfaction Is The Priority of Service
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Feb 2024 03:49
Last Modified: 13 Feb 2024 03:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29781

Actions (login required)

View Item
View Item