Unkelefta, Sohordinatus Ifan (2023) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS NON AKREDITASI KECAMATAN MOA KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA = QUALITY OF HEALTH SERVICES ON PATIENT SATISFACTION IN NON-ACCREDITED COMMUNITY HEALTH CENTERS, MOA DISTRICT SOUTHWEST MALUKU REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
K052211012_tesis_13-10-2023 caver1.jpg
Download (311kB) | Preview
K052211012_tesis_13-10-2023 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
K052211012_tesis_13-10-2023 dp.pdf
Download (1MB)
K052211012_tesis_13-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 October 2025.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif di wilayah kerjanya. Puskesmas sebagai fasiltas kesehatan tingkat pertama dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan pasien, meningkatkan kinerja puskesmas, melindungi sumber daya manusia kesehatan, masyarakat dan lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengekplorasi atau menggambarkan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Tiakur Kabupaten Maluku Barat Daya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi deskriptif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah pasien yang sudah pernah menjalani pengobatan di puskesmas tiakur Januari-Desember tahun 2022 dan informan pendukung adalah kepala bidang fasyankes, kepala puskesmas tiakur, kepala tata usaha tiakur dan para ketua pokja puskesmas tiakur. Teknik penentuan informan dengan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalan pedoman wawancara mendalam dan diskusi kelompok terarah.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dimensi mutu pelayanan yakni efektif, efisien, berfokus pada pasien dan aman belum terpenuhi dengan baik sedangkan dimensi dapat diakses dan adil sudah terpenuhi dengan baik. Pihak petugas kesehatan perlu mengikuti pelatihan sehingga mutu pelayanan dan kepuasan pasien dapat terwujud dengan baik
Keywords : Kualitas, Pelayanan, Kesehatan, Kepuasan, Pasien
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quality, Service, Health, Satisfaction, Patients |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 06:35 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 06:35 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29773 |