Yunus, Maulina (2023) pengaruh faktor organisasi terhadap engagement dan kinerja dokter penanggung jawab pelayanan dirumah sakit universitas hasanuddin = The Effect of Organizational Factors on the Engagement and the Performance of Doctors in Hasanuddin University Hospital South Sulawesi. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
K022202023_tesis_12-10-2023 caver1.jpg
Download (248kB) | Preview
K022202023_tesis_12-10-2023 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
K022202023_tesis_12-10-2023 dp.pdf
Download (4MB)
K022202023_tesis_12-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 October 2025.
Download (6MB)
Abstract (Abstrak)
Engagement menjadi faktor sangat penting dalam lingkungan human capital di rumah sakit. Kita memerlukan rumah sakit yang dapat menghasilkan pegawai yang unggul, sehingga menghasilkan kinerja yang unggul. Tenaga dokter merupakan sumber daya terbaik organisasi, sehingga evaluasi kinerja serta pengaruh faktor organisasi terhadap engagement menjadi variabel yang penting bagi efektivitas organisasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh faktor organisasi terhadap Engagement dan kinerja Dokter Penanggung Jawab Pelayanan di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Tahun 2023.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan studi observasional dengan desain cross sectional study. Sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling sebesar 120 Dokter Penanggung Jawab di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Makassar. Data dianalisis secara univariat,bivariat dan multivariat dengan uji Chi square dan analisis regresi liniear.
Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh faktor organisasi terhadap Engagement (p=0,000), Engagement terhadap kinerja dokter tidak berpengaruh secara signifikan (p=0,0089), faktor organisasi terhadap kinerja dokter tidak ada pengaruh (p=0,696), dan ada pengaruh faktor organisasi terhadap kinerja dokter melalui variabel Engagement (p=0,030). Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada pihak manajemen rumah sakit agar lebih memperhatikan kebutuhan sesuai dengan keahlian dari dokter penanggung jawab pasien dengan cara melibatkan mereka dalam pengambilan keputusan yang akan mempengaruhi mereka dan layanan yang mereka berikan, secara individu melalui organisasi. serta pimpinan rumah sakit melakukan diskusi atau brainstorming kepada dokter penanggung jawab pasien sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan. Dan melakukan penilaian kinerja dokter secara objektif. Kekurangan dalam penelitian ini adalah Teknik pengambilan data belum mewakili responden secara keseluruhan sehingga saran untuk penelitian selanjutnya adalah dengan menggunakan penelitian kualitatif, Teknik pengambilan dengan total sampling dan menggunakan variabel lain yang mempengaruhi engagement.
Keywords : faktor organisasi, engagement, kinerja dokter
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Employee Engagement, Organizational Factor, Doctor’s performance |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 14:16 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 14:16 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29751 |