ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MENGGUNAKAN TEKS NARASI PADA SISWA KELAS X MAN MODEL 1 MANADO = THE ANALYSIS OF READING COMPREHENSION ABILITY OF STUDENTS USING NARRATIVE TEXT AT THE FIRST GRADE OF MAN MODEL 1 MANADO


Fajar, Muhammad Rizki (2023) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MENGGUNAKAN TEKS NARASI PADA SISWA KELAS X MAN MODEL 1 MANADO = THE ANALYSIS OF READING COMPREHENSION ABILITY OF STUDENTS USING NARRATIVE TEXT AT THE FIRST GRADE OF MAN MODEL 1 MANADO. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
F041181305_skripsi_28-04-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F041181305_skripsi_28-04-2023 cover1.jpg

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
F041181305_skripsi_28-04-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
F041181305_skripsi_28-04-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan membaca pemahaman siswa menggunakan teks naratif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-E MAN Model 1 Manado tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 37 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman membaca siswa setelah mempelajari teks naratif dan untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman siswa dalam memahami teks naratif. Penelitian ini dilakukan dengan dua metode yang masing-masing terdiri dari tes skor dan survei. Data tersebut dikumpulkan melalui data kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pemahaman membaca meningkat. Nilai rata-rata pre-test adalah 67,56 dan post-test adalah 86,48. Hal ini menunjukkan bahwa nilai siswa mengalami peningkatan dari pre-test ke post-test. Selisih kedua tes tersebut tergolong signifikan dengan nilai 18,87. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang mencolok antara pencapaian belajar siswa sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pemahaman membaca siswa melalui teks naratif, yaitu penguasaan kosa kata bahasa Inggris yang cukup, instruksi atau bahan ajar dari guru, dan teks naratif yang diberikan sudah familiar bagi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Narrative Text, Students’ Reading Comprehension
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 05 Feb 2024 01:00
Last Modified: 05 Feb 2024 01:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29723

Actions (login required)

View Item
View Item