PENGARUH PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP INTERAKSI DOSEN DAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH ENGLISH WRITING DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BULUKUMBA = THE EFFECT OF PORTFOLIO ASSESSMENT ON TEACHER-STUDENT INTERACTION IN ENGLISH WRITING CLASS AT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BULUKUMBA


Riskayadi, Riskayadi (2019) PENGARUH PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP INTERAKSI DOSEN DAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH ENGLISH WRITING DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BULUKUMBA = THE EFFECT OF PORTFOLIO ASSESSMENT ON TEACHER-STUDENT INTERACTION IN ENGLISH WRITING CLASS AT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BULUKUMBA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
RISKAYADI F022172008.pdf

Download (14MB)

Abstract (Abstrak)

Riskayadi. Pengaruh Penilaian Portofolio terhadap Interaksi Dosen dan Mahasiswa pada Mata Kuliah English Writing di Universitas Muhammadiyah Bulukumba. (Dibimbing oleh M. L. Manda dan Ria Rosdiana Jubhari)Penelitian tentang penilaian portofolio umumnya berkaitan dengan hubungan antara kemampuan menulis siswa dan portofolio itu sendiri,
namun tidak banyak perhatian ditujukan kepada pada hubungan antara penilaian portofolio dengan interaksi Dosen-Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki sejauh mana penilaian portofolio mempengaruhi interaksi dosen-mahasiswa pada dua kelompok mahasiswa di kelas English
Writing (dengan masing-masing kelompok mengalami sistem portofolio dan sistem konvensional). Penelitian ini menggunakan desain penelitian campuran dengan kuesioner dan wawancara sebagai instrumen pengumpulan data. Temuan dari kuesioner menunjukkan bahwa, secara statistik, tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok dalam
kualitas interaksi guru-siswa secara komprehensif; Namun, dalam beberapa aspek, portofolio menunjukkan perbedaan yang signifikan. Perbedaan tersebut didukung oleh temuan yang didapatkan dari wawancara yang menunjukkan bahwa penilaian portofolio dapat mempromosikan pembelajaran siswa melalui berbagai kegiatan pembelajaran, dapat memfokuskan siswa terhadap tujuan pembelajaran melalui kegiatan refleksi,
serta dapat memberikan siswa perancah yang memungkinkan siswa untuk memantau kemajuan mereka dalam pembelajaran. Selain itu, Feedback yang berkelanjutan dan kegiatan refleksi terbukti mendorong semamgat belajar mahasiswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penilaian portofolio
memberikan pengaruh terhadap interaksi dosen dan mahasiswa dengan mendorong mahasiswa untuk belajar melalui feedback dan reflection yang efektif.

Kata kunci: penilaian portofolio, interaksi dosen-mahasiswa

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: portfolio assessment, teacher-student interaction
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 06 Feb 2024 01:53
Last Modified: 06 Feb 2024 01:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29718

Actions (login required)

View Item
View Item