ANALISISPOSITIVE END EKSPIRATORY PRESSURE (PEEP) TERHADAP NILAI CENTRAL VENOUS PRESSURE (CVP) PADA PASIEN YANG TERPASANG VENTILATOR MEKANIK DI ICU RUMAH SAKIT UNHASMAKASSAR


Djalil, Nia Kurnia (2020) ANALISISPOSITIVE END EKSPIRATORY PRESSURE (PEEP) TERHADAP NILAI CENTRAL VENOUS PRESSURE (CVP) PADA PASIEN YANG TERPASANG VENTILATOR MEKANIK DI ICU RUMAH SAKIT UNHASMAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
TESIS NIA KURNIA DJALIL P4200216040, post ujian tutup.docx

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang :Salah satu tujuan dari pemberian ventilasi mekanis adalah meningkatkan dinamika ventilasi dan meningkatkan kapasitas residual fungsional melalui pemberian Positive End Ekspiratory Pressure (PEEP) yang memadai. Walaupun, pemberian PEEP pada pasien dapat meningkatkan proses pertukaran oksigen dan memberikan efek yang menguntungkan dalam proses respirasi, namun pemberian PEEP yang tinggi dapat menurunkan curah jantung pada pasien sehingga menurunkan nilai Mean Arterial Pressure (MAP) dan mempengaruhi nilai Central Venous Pressure (CVP) pasien. Penelitian ini bertujuan menganalisis efek Positive End Expiratory Pressure terhadap nilai Central Venous Pressure dan hemodinamik pada pasien yang terpasang ventilator mekanik. Metode :Jenis Penelitian survei Analitik cohort-retrospektif. sampel sebanyak 83 responden yang berasal dari data tanggal 01 januri 2018 hingga 31 Maret 2020. Pengumpulan data menggunakan data rekam medis. Hasil : variabel nilai MAP sebelum dan setelah perubahan PEEP memperlihatkan bahwa tidak terdapat perubahan yang bermakna secara statistik dengan nilai p = 0.103, sedangkan pada variabel nilai CVP sebelum dan setelah perubahan PEEP menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang bermakna secara statistik dengan nilai p = 0.000, dengan nilai selisih perubahan 0.319 mmHg setiap kenaikan 1 cmH2O dari perubahan PEEP. Kesimpulan : penelitian ini dapat memperkuat fakta ilmiah akan manfaat yang diperoleh dari mengetahui nilai CVP pasien yang dihubungkan dengan nilai PEEP.

Kata Kunci :CVP, PEEP, ventilator mekanik

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: CVP, PEEP, mechanical ventilatotr
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:47
Last Modified: 29 Jan 2024 06:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29568

Actions (login required)

View Item
View Item