PENILAIAN KUALITAS MEDIA EDUKASI CETAK UNTUK IBU HAMIL DI INDONESIA MENGGUNAKAN PATIENT EDUCATION MATERIALS ASSESSMENT TOOL (PEMAT) = ASSESSMENT OF THE QUALITY OF PRINTED EDUCATIONAL MEDIA FOR PREGNANT WOMEN IN INDONESIA USING THE PATIENT EDUCATION MATERIALS ASSESSMENT TOOL (PEMAT)


Nurwahyuni, Nurwahyuni (2023) PENILAIAN KUALITAS MEDIA EDUKASI CETAK UNTUK IBU HAMIL DI INDONESIA MENGGUNAKAN PATIENT EDUCATION MATERIALS ASSESSMENT TOOL (PEMAT) = ASSESSMENT OF THE QUALITY OF PRINTED EDUCATIONAL MEDIA FOR PREGNANT WOMEN IN INDONESIA USING THE PATIENT EDUCATION MATERIALS ASSESSMENT TOOL (PEMAT). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R011191131_skripsi_21-08-2023 cover1.png

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R011191131_skripsi_21-08-2023 1-2.pdf

Download (829kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R011191131_skripsi_21-08-2023 dp.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R011191131_skripsi_21-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang: Rendahnya literasi pada ibu hamil meningkatkan risiko persalinan prematur dan berat badan lahir rendah. Teknologi membuat informasi mudah diakses, tetapi menyebabkan informasi berlimpah, menyulitkan pengguna memilih media edukasi yang tepat.Tujuan Penelitian: Mengidentifikasi karakteristik dan kualitas media edukasi cetak untuk ibu hamil menggunakan alat penilaian PEMAT-P. Metode: Penelitian kuantitatif deskriptif dilakukan pada 10 media cetak dengan alat penelitian PEMAT-P. Hasil: Menunjukkan beberapa media cetak dari Kementerian Kesehatan RI memiliki pemahaman melebihi standar PEMAT-P (79,40% dan 71,80%), tetapi tindakan tidak mencapai standar. Kesimpulan dan Saran: Dari 10 media cetak yang dinilai hanya beberapa yang telah melewati standar PEMAT P. Penelitian ini diharapkan menjadi evaluasi bagi setiap instansi pelayanan, terkhusus pada pelayanan kesehatan atau konten edukasi sebelum menerbitkan sebuah media untuk menguji media sebelum diterbitkan. Penelitian selanjutnya disarankan memodifikasi PEMAT untuk pemahaman masyarakat Indonesia dan mengembangkan alat yang mencakup semua aspek penilaian diluar cakupan PEMAT dan disarankan pula untuk mengembangkan alat penilaian komprehensif bagi media edukasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pregnant Women, Health Literacy, Printed Educational Media
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Keperawatan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:22
Last Modified: 26 Jan 2024 03:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29506

Actions (login required)

View Item
View Item